Diet Cardio

Diet Cardio

Cardio memiliki arti jantung, sehingga diet cardio dapat berarti latihan untuk melatih kinerja jantung menjadi lebih baik. Diet cardio dapat dilakukan dengan melalui makanan atau olahraga.

Ketika berolahraga maka tubuh memerlukan oksigen yang masuk dan dikirim melalui pompa jantung ke seluruh tubuh. Oksigen yang masuk secara maksimal akan meningkatkan kesehatan sel darah dan juga meningkatkan pembakaran kalori. Menurunkan berat badan umumnya dilakukan melalui olahraga yang tepat dibandingkan dengan diet makanan atau yang lainnya.

Cardio merupakan pola olahraga dasar yang dapat membuat anda berhasil menurunkan berat badan. Olahraga ini bukanlah olahraga ekstrem yang menguras tenaga anda namun hanya yang ringan saja seperti jogging, treadmill dan bersepeda.

Diet cardio memfokuskan pada pengurangan lemak yang berada di bawah lapisan kulit. Cardio tidak membutuhkan beban pada otot dan juga akan membuat detak jantung menjadi stabil. Selain itu juga stamina anda akan lebih baik karena dilakukan dengan cara teratur dan ringan.

Diet ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam menjalankannya. Anda harus sabar untuk melakukan olahraga selama 2 sampai 3 jam dalam sehari.

Diet cardio memiliki variasi  yang disebut dengan high Intensity Training yang akan membakar lemak lebih banyak dengan waktu yang relatif minim. Latihan ini menggabungkan antara latihan berintensitas tinggi dan sedang dalam beberapa interval.

Latihan Cardio yang bisa anda lakukan di rumah

Banyak orang berdebat tentang dimana tempat terbaik melakukan olahraga dan mayoritas jawabannya adalah di luar rumah karena dianggap akan menurunkan berat badan lebih cepat. Pada kenyataanya, hal tersebut bukanlah hal yang pasti karena yang terpenting bukanlah dimana anda berolahraga namun kuncinya adalah rutinitas.

Rutinitas yang sesuai dengan anda dan membuat anda bertahan dengan hal tersebut, baik itu di gym atau di rumah. Namun, berolahraga di rumah dapat menjadi cara termurah dan paling nyaman untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Anda tidak perlu mengkhawatirkan cuaca buruk dan Anda bisa mengenakan perlengkapan yang ada di rumah untuk mendukung cara anda dalam berolahraga.
Salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang saat berolahraga di rumah adalah dengan berpikir bahwa mereka tidak dapat melakukan latihan cardio di rumah tanpa membeli pelatih treadmill atau elips. Namun, ada banyak cara lain untuk mendapatkan latihan cardio yang bagus di dalam rumah. 

Berikut adalah beberapa saran yang bisa Anda ikuti untuk membakar kalori di rumah:

1. Tonton DVD Aerobik
Dengan menonton video dari DVD aerobik anda bisa mengikuti gerakan yang ada dalam vieo tersebut. Gerakan aerobik akan memberi Anda latihan cardio yang bagus di rumah dan menjaga detak jantung Anda tetap tinggi. Carilah video yang juga memberikan latihan pemanasan dan pendinginan dan setidaknya 30 menit cardio. Jika Anda baru mulai mendapatkan bentuk tubuh, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dengan video ini segera. Bisa jadi mudah berkecil hati pada awalnya, jadi mulailah dari kecil dan jalanlah dengan baik.
Seperti halnya jenis olahraga apapun, sebaiknya anda tidak melakukan apa yang di tonton dalam video setiap hari. Cobalah mereka 2 sampai 3 kali per minggu, dan gunakan latihan lain di sela-sela hari.

2. Olahraga Dasar
Anda ketika sekolah tentunya sering melakukan olahraga, termasuk pemanasan untuk melatih tubuh sebelum melakukan olahraga berat. Olahraga dasar tersebut kembali diingat serta anda praktekkan kembali. Semua latihan yang harus dilakukan siswa kelas dasar dan SMP pada waktu olahraga merupakan pilihan yang bagus untuk cardio di rumah, dan akan membantu tubuh Anda membakar lemak. Cobalah cardio combo ini untuk memulai dengan:
  • Jalan di tempat selama 1 menit untuk pemanasan di lanjutkan dengan 10 Jumping jack.
  • Kembali jalan di tempat 30 detik berikutnya 5 Burpees.
  • Jalan di tempat 15 detik dan lakukan lompat tali 1 menit
  • Jalan di tempat 20 detik di lanjutkan 10 push-up dan 20 Jumping Jacks
  • Jalan di tempat 15 detik kembali lakukan lompat tali 2 menit dilanjutkan 7 Burpees serta 2 menit jalan di tempat untuk pendinginan. 

Akhiri dengan rengangkan tubuh anda setelah melakukan beberapa hal di atas.Lakukan rutinitas ini di antara hari-hari latihan cardio atau kekuatan lainnya, dan jangan lupa untuk peregangan sesudahnya, atau anda akan menyesalinya keesokan harinya.

3. Sehat dengan Menari
Menari adalah cara terbaik untuk berolahraga cardio di rumah, dan ini cara yang paling menyenangkan untuk masuk ke kondisi yang lebih baik. Pilih beberapa musik optimis yang membuat anda untuk bergerak, membuat daftar putar sehingga anda tidak perlu berhenti berdansa di antara lagu, menutup tirai dan menari. Meski menari itu menyenangkan, ingatlah bahwa anda juga melakukannya untuk mendapatkan latihan cardio, jadi pastikan Anda menurunkan detak jantung dan berkeringat. Jika anda baru mulai berolahraga, mulailah dengan 3 lagu, dan kerjakan hal tersebut sampai satu jam sebagai awal untuk membangun daya tahan jadi lebih baik dalam berolahraga.

4. Tangga sebagai Patner Sehat
Ketika berada dalam gym, anda akan menemukan beberapa pelajaran tentang cara melangkah dan juga memberikan cara terbaik dalam melangkah serta ukurannya untuk berolahraga. Ketika berada di rumah, anda bisa mendapatkan latihan langkah secara gratis yaitu dengan cara naik turun tangga. Lakukan gerakan turun naik pada tangga 1 sampai 3 di rumah anda, dan selalu kenakan sepatu lari. Putarlah beberapa musik aktif untuk cardio dan pastikan anda melatih kedua kaki sama seperti anda melangkah naik turun tangga di bawahnya. Setelah melakukan gerakan tersebut, anda dapat mencoba mengambil 2 langkah setiap saat selama latihan langkah untuk membuatnya sedikit lebih keras. Ingatlah untuk berhati-hati saat melakukan ini.

5. Gunakan Perlengkapan
Banyak orang memiliki treadmill atau elips, tapi kebanyakan terkubur di suatu tempat di ruang bawah tanah. Jika anda memiliki salah satu dari ini, akan sangat bermanfaat bila anda menggunakannya beberapa kali per minggu jika anda ingin berolahraga di rumah. Cara terbaik untuk meningkatkan insentif menggunakan treadmill atau elips di rumah adalah dengan membuat ruang latihan anda lebih mengundang. Letakkan TV di depan mesin anda dan anda dapat menetapkan sasaran sesuai berapa lama durasi acara favorit tersebut. Perhatian terhadap TV akan membantu bekerja lebih keras dan lebih lama dari biasanya. Jaga agar ruangan tetap bersih dan berantakan juga sehingga akan ingin meluangkan waktu di daerah itu.

Berada di rumah tidak membuat anda bermalas-malasan untuk berolahraga. Lakukan beberapa rutinitas di atas untuk latihan cardio anda. Baik di gym atau di rumah, ketika melakukan olahraga jangan terlalu memaksakan diri karena akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh dan ketahui batas maksimal tubuh anda ketika melakukan olahraga.

Sumber:
http://www.trikdiet.com/cara-menurunkan-berat-badan-dengan-cardio.html
http://www.lifehack.org/394052/cardio-workouts-at-home
https://books.google.co.id/books?id=10m4K5L84QoC&pg=PA126&lpg=PA126&dq=diet+kardio+adalah&source=bl&ots=oSEYR2nGDN&sig=cuewMyTJJo15IKdU0jjBJwzW0Xo&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjn27T24qLWAhUILY8KHRpPABc4ChDoAQhAMAQ#v=onepage&q=diet%20kardio%20adalah&f=false
http://www.hipwee.com/tips/7-latihan-kardio-yang-akan-membantumu-menguruskan-badan-dan-membakar-lemak-berlebihan/
Https://Prelo.Co.Id/Blog/Olahraga-Kardio-Di-Rumah-Tanpa-Alat-Tanpa-Repot/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »