Tips Sederhana Mengelola Berat Badan

Tips Sederhana Mengelola Berat Badan

Salah satu perjuangan terbesar yang dihadapi orang saat mencoba menurunkan berat badan adalah mempertahankannya. Perihal tentang bagaimana mempertahankan penurunan berat badan merupakan salah satu hal yang menjadi pertanyaan bagi setiap orang yang pada beberapa titik dalam perjalanan mencapai berat badan ideal mereka. Biasanya Anda akan mengajukan pertanyaan tersebut setelah kehilangan beberapa kilo pertama, dan sekali lagi setelah memenuhi tujuan Anda akan bertanya, bisakah mempertahankannya?.

Mengelola berat badan agar tetap ideal harus membutuhkan niat dan komitmen yang tinggi. Ketika anda berusaha dan tidak bersungguh terhadap hal tersebut bisa saja berat badan anda akan naik jauh lebih besar dari yang sebelumnya. Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu Anda melalui kedua skenario:

Menjaga Berat Badan dalam Proses Pencapaian


  • Anda harus menghargai usaha untuk menurunkan berat badan dengan memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan yang membuat badan semakin naik.
  • Selama proses, berpikirlah bahwa anda tidak akan pernah menyerah untuk menurunkan berat badan setelah sampai pada titik awal tujuan anda. Anda harus menyelesaikan apa yang telah dimulai dan tidak berhenti ketika berada dalam proses.
  • Jangan terburu-buru untuk melakukannya. Jangan paksakan diri anda untuk mencapai berat badan ideal hanya dalam waktu singkat karena akan memberikan risiko kesehatan yang fatal bagi tubuh anda. Menurunkan berat badan merupakan cara menjaga kesehatan sehingga jika dilakukan secara perlahan maka tubuh anda tidak akan terbebani dan baik juga untuk metabolisme tubuh.
  • Ketika anda telah mencapai target, selalu terapkan apa yang telah dilakukan dan jangan meninggalkan apa yang telah anda mulai.
  • Carilah teman untuk mendukung serta mengingatkan apa yang telah anda lakukan. Teman akan memberikan dorongan moral terhadap apa yang telah anda lakukan.

Menjaga Berat Badan Setelah Pencapaian


  • Berilah penghargaan bagi diri anda yang telah berusaha untuk menurunkan berat badan. Penghargaan tersebut bisa dengan melakukan kegiatan refkelasi bagi diri sendiri seperti mandi air panas, menonton TV atau mungkin jalan-jalan. Tanamkan pola pikir bahwa apa yang Anda lakukan saat ini bukan sekadar untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan bobot yang ideal. Hal itu bisa membuat Anda kesulitan mempertahankan berat badan sehat. Jadikan pola diet dan aktivitas fisik yang sekarang sebagai investasi untuk hidup sehat sampai tua.
  • Cek berat badan secara teratur akan membuat anda mengetahui apakah berat badan anda naik atau tetap stabil sesuai dengan target yang anda inginkan. Anda bisa melakukan cek cukup seminggu sekali. Ketika anda mendapati kenaikan berat badan 1 sampai 1.5 kg jangan khawatir karena itu adalah hal yang wajar. Anda tentunya juga harus tetap melakukan pola yang telah jalani.
  • Biasakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Istirahat yang ideal seperti tidur 8 jam dalam sehari. Ketika anda mengalami kurang tidur bisa mengakibatkan stress dan berat badan anda kembali naik. Ketika anda merasakan fisik dan psikis yang tidak fit sebaiknya anda melakukan beberapa gerakan yoga yang membuat diri anda tenang.
  • Menjaga pola makan akan membuat berat badan anda tetap stabil. Anda harus memperhatikan kandungan makanan dan memilih makanan yang tidak mengandung banyak lemak. Makanlah makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti makanan yang segar dan dimasak sendiri. Hindari minuman kemasan yang banyak mengandung kalori dan gula.
  • Porsi makan yang telah anda terapkan selama proses menurunkan berat badan harus dijaga. Jangan pernah berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dalam keseharian anda. Konsumsi makanan yang kaya serat karena akan membuat anda tetap merasa kenyang. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi nasi dan sebaiknya anda banyak konsumsi sayuran.
  • Tetap aktif merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan berat badan anda. Setiap orang harus membakar 2.000 kalori per hari untuk pria dan 1.600 kalori untuk wanita. Anda bisa melakukan kegiatan yang ringan seperti jalan kaki atau berkegiatan selama 30 menit yang bisa membakar 300 kalori. Ketika anda menaiki sebuah bangunan sebaiknya anda memakai tangga yang juga bisa membakar kalori.
  • Tetap aktif berolahraga. Terus bergerak bisa anda lakukan setiap hari begitu juga dengan berolahraga, anda bisa melakukannya secara rutin seperti sekali atau dua kali dalam seminggu. Anda melakukan olahraga yang agak berat yang bisa membakar sebagian besar kalori yang anda dapat dari makanan.
  • Konsumsi air putih yang cukup setiap harinya adalah yang paling utama anda lakukan. Delapan gelas dalam sehari adalah ukuran ideal untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Konsumsi air putih sebelum makan dan lakukan hal tersebut setiap mau makan yang dapat mengurangi rasa lapar sehingga menyebabkan anda makan berlebihan.
Demikianlah beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam mengelola berat badan. Mengelola berat badan bukanlah perkara yang sulit namun juga tidak bisa dianggap mudah. Godaan ketika mengelola berat badan akan banyak anda temui tapi ketika anda telah memulai tetaplah pada apa yang telah anda mulai tersebut. 

Sumber:
http://www.lifehack.org/394130/quick-tips-on-how-to-maintain-weight-loss
http://www.dietcepatalami.com/tips-mudah-mempertahankan-berat-badan-ideal/
http://tipsdietsmart.com/7-tips-menjaga-berat-badan-agar-tetap-ideal-dan-stabil/
https://dampar.com/10-tips-cara-menjaga-berat-badan-ideal-agar-tidak-naik-pasca-diet/
http://www.marilangsingalami.com/2015/09/trik-menjaga-berat-badan-tetap-ideal-pasca-ideal.html
http://doktersehat.com/tips-menjaga-berat-badan-agar-tetap-ideal/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »