7 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh (LDR) Tetap Langgeng

tips buat ldr

Banyak orang percaya bahwa menjalin hubungan jarak jauh dengan kekasih sangat sulit. Bahkan ada yang berfikir bahwa hubungan tersebut tidak akan bertahan lama. Tidak heran jika ada yang menyarankan jangan terlalu serius menjalin hubungan dengan sang kekasih.

Hubungan jarak jauh (LDR) memang terasa sulit ketika ada pasangan di depan kita dengan mesranya dapat makan bersama, jalan bergandengan tangan, dan nonton bioskop bareng. Pastinya ada sedikit rasa iri, sedih, dan kesepian terbesit dalam hati.

Namun, terkadang jauhnya jarak dapat membuat hal-hal kecil terasa indah dan manis. Beberapa pasangan bahkan menyiapkan kejutan-kejutan spesial untuk momen kecil tersebut. Agar hubungan jarak jauh tetap terjaga dan langgeng, berikut beberapa hal yang dapat kamu coba.

1. Jangan terlalu posesif


Tidak bijak jika dalam hubungan jarak jauh kita terlalu posesif terhadap pasangan. Kita tidak harus terus berkomunikasi dalam 12 jam tanpa henti untuk menjaga LDR tetap berlanjut. Beberapa pasangan beranggapan bahwa LDR butuh komunikasi yang inten tiap saat. Padahal tidak. Hal yang demikian malah dapat membuat hubungan memburuk dan membosankan.

2. Adanya jarak mungkin sebuah peluang


Ada yang mengatakan bahwa untuk dapat hidup bersama, kita harus belajar bagaimana hidup terpisah. Lebih baik terpisah jauh tapi dekat di hati dari pada terasa jauh di hati meski pasangan ada di dekat kita. Jarak pemisah bisa menjadi sebuah peluang untuk pembelajaran hidup tiap pasangan. Jadikan hal tersebut sebagai ujian akan ketulusan cinta dan rasa pada pasangan. Percayalah bahwa dengan ujian dan pengalaman tersebut, kamu akan lebih kuat ketika bersatu nanti.

3. Jaga komunikasi secara kreatif tiap hari


Sapaan tiap pagi atau malam hari boleh jadi wajib dilakukan, tapi tidak untuk menanyakan hal yang sama tiap waktu. Cobalah hal-hal kreatif seperti berkomunikasi dalam bentuk mengirim video, foto atau emoticon lucu. Dan tak ada salahnya juga sesekali bicara hal yang berbau seksualitas. Terkadang bicara jorok dapat membangkitkan gairah antar pasangan.

4. Lakukan beberapa hal bersama


Meskipun jarak memisahkan, bukan berarti kamu tidak bisa bermain bersama. Mudahnya kamu bisa main game bersama, nonton film lewat skype bersama, atau bernyanyi bareng lewat aplikasi seperti smule dan lainnya. Bahkan saat ini ada banyak aplikasi untuk pasangan yang mendukung untuk mencurahkan rasa rindu dan kangen terhadap pasangan. Gunakan itu untuk tetap merasa dekat dan bersama.

5. Saling berkunjung


Tidak ada obat yang paling manjur untuk pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh selain bertemu. Kamu harus sempatkan paling tidak sekali setahun saling berkunjung ke tempat pasangan. Maksimalkan kesempatan tersebut untuk saling melepas kerinduan dan kasih sayang. Buat tiap menit dan detik menjadi berarti dan manis untuk dikenang nantinya ketika kamu harus berpisah lagi dan kembali pada rutinitas masing-masing.

6. Bunuh kesendirian dengan teman dan keluarga


Kamu memang sendiri, tapi tidak kesepian. Kecuali kamu memang merasa kesepian. Jangan biarkan dunia begitu kejam karena kamu begitu merasakan tiap detik rasa sepi tersebut. Kamu masih memiliki teman dan keluarga. Luangkan waktu untuk melakukan lebih banyak hal dengan teman-teman dan keluarga. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan tanpa melibatkan sang kekasih.

7. Terbuka terhadap pasangan


Kamu harus betul-betul terbuka pada pasangan jika hubungan LDR kamu tetap bertahan dan berlanjut. Jika kamu mencoba menyembunyikan sesuatu, lambat laun hal tersebut dapat menjadi bomerang bagi hubungan kamu. Bicarakan semua hal atau masalah yang kamu rasakan, ketakutan, kesedihan, cemburu, tidak aman, apapun itu, ceritakan pada pasanganmu. Jadilah terbuka dan jujur satu sama lain. Biarkan pasanganmu membantu memberikan dukungan yang kamu butuhkan.

Bonus tip agar hubungan jarak jauh terasa hangat, sesekali cobalah bertukar kado. Hal tersebut dapat menjadi momen spesial yang lebih indah dan manis. Tidak hanya sekedar pada momen spesial seperti ulang tahun atau hari jadian. Siapkan kejutan bagi pasanganmu dengan mengirimkan kado, baik berupa benda, atau video pendek dan kartu ucapan.

Nah, itu dia 7 hal yang dapat membuat hubungan LDR atau jarak jauh kamu dengan sang kekasih tetap langgeng dan bertahan. Terlepas dari itu semua, tentunya kamu harus memiliki goal dan tujuan (mungkin jenjang pernikahan) kenapa hubungan tersebut harus bertahan dan berlanjut. Buat apa jika tetap dipertahankan jika tidak ada tujuan bukan?

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »