Resep Diet Aman Ibu Menyusui

DapurDiet - Ada dilema yang sering dihadapi oleh ibu yang setelah melahirkan untuk melakukan diet. Kondisi si bayi yang masih menyusui menjadi pertimbangan penting untuk ibu setelah melahirkan mengecilkan perut mencapai badan idealnya kembali. Kali ini DapurDiet akan membahas resep tentang resep diet aman ibu menyusui yang dapat Anda ikuti.

resep diet aman ibu menyusui

Menurut pernyataan dokter yang dilansir dari Kompas.com terkait diet ibu menyusui dengan menurunkan jumlah kalori makanan sangat tidak dianjurkan. Hal tersebut dapat mempengaruhi kandungan gizi pada ASI yang dihasilkan. Bagi ibu menyusui disarankan untuk menambah asupan kalori sebesar 300kkal dari asupan biasa yang ia konsumsi.

Menurut survey yang dilakukan, ibu menyusui mampu membakar kalori sekitar 300-500 kkal per hari. Ini berarti ibu menyusui mampu memicu menurunkan berat badannya. Tapi tidak semua ibu menyusui mengalami hal demikian, ada yang justru memiliki tubuh yang bertambah lebar saat menyusui. Berdasarkan peluang tersebut, lalu bagaimana agar dapat diet namun dengan asupan gizi tetap terjaga? Berikut resep diet aman ibu menyusui yang dapat menjadi rekomendasi buat Anda.

Perbanyak Konsumsi Zat Besi
Zat besi penting untuk pembentukan hemoglobin dan perkembangan otak si kecil. Ada beberapa lauk-pauk yang dapat Anda konsumsi selama diet untuk cakupan gizi ini seperti daging merah dan telur. Daging sapi yang bewarna merah mengandung zat besi yang cukup tinggi. Pastikan daging yang Anda pilih tersebut tidak mengandung lemak.

Zat besi juga terdapat pada sayuran seperti sayur bayam dan daun singkong. Pada sayur bayam terdapat vitamin A yang dapat mencega kanker dan membantu perkembangan mata. Tidak hanya memiliki kandungan zat besi yang tinggi, daun singkong juga mengandung protein, vitamin A dan C.

Perbanyak Konsumsi Protein
Protein sangat penting bagi ibu hamil untuk dapat menghasilkan ASI yang berkualitas. Ada beberapa lauk yang bagus Anda konsumsi untuk memenuhi asupan protein si kecil selama diet. Diantaranya tahu dan daging ayam tanpa kulit. Disamping itu beberapa kacang-kacangan juga bagus untuk Anda konsumsi ketika diet seperti kacang polong dan kacang merah. Tapi usahakan jangan konsumsi kacang tersebut dengan mayonise.

Alternatif Sumber Karbohidrat
Anda dapat menjadikan buah sebagai sumber karbohidrat selama diet. Ada beberapa buah yang bagus Anda konsumsi ketika diet selagi menyusui si kecil. Diantaranya adalah buah bluberi, jeruk, dan pepaya. Disamping mengandung vitamin, buah tersebut juga memiliki asupan karbohidrat yang tinggi sehingga mendukung diet Anda.

Berdasarkan lauk-pauk dan sayuran yang direkomendasikan tersebut, Anda bisa merancang susunan menu Anda selama diet ibu menyusui. Tentu saja Anda bisa mengkombinasikan sarapan pagi Anda atau makan siang dan makan malam Anda dengan lauk dan buah yang Anda suka, tapi akan lebih bijak jika Anda mengkombinasikan makanan yang memang mengandung asupan zat besi dan protein tinggi.

Perlu diingat bahwa selama diet ibu menyusui, Anda dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Lebih bijak lagi jika Anda bisa menyelingi pagi Anda dengan olah raga ringan untuk ibu hamil seperti yoga dan aerobic. Penting juga untuk diingat bahwa selama Anda diet, jangan berhenti menyusui si kecil hingga 2 tahun karena itu juga membantu diet Anda. Ibu menyusui tiap harinya akan menguras kalori 300 - 500 kkal dari tubuhnya selama menyusui si kecil.

Jika Anda merasa tidak yakin dengan asupan gizi yang Anda konsumsi, Anda dapat melengkapi asupan gizi Anda dengan beberapa suplemen makanan seperti Colostrum, MaxPro, dan Nutriburst. Colostrum mengandung makro dan mikro nutrisi yang sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Colostrum diambil dari susu sapi yang beru melahirkan dan dapat mencukupi asupan zat besi bagi si kecil. Sementara itu MaxPro mengandung whey protein yang sangat bioavailable sehingga gampang diserat oleh tubuh dan membantu pertumbuhan otot. Nutriburst dapat menjadi alternatif anda untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral.

Demikianlah penjelasan tentang resep diet aman ibu menyusui. Hal yang terpenting selama anda melakukan diet adalah perhatikan asupan gizi untuk si bayi. Jika Anda merasa kurang yakin dengan asupan gizi dari makanan yang anda makan, anda dapat membantu memenuhi asupan gizi tersebut dengan beberapa suplemen makanan seperti Colostrum, MaxPro, atau Nutriburst.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »