Resep Diet Lancar Cara Cerdas Konsumsi Makanan

DapurDiet - Cara Cerdas Konsumsi Makanan agar diet yang dilakukan sukses adalah dengan memilih makanan yang tepat dan dikonsumsi pada waktu yang tepat. Menjaga berat badan selama diet memang penting, tapi lebih penting lagi menjaga kesehatan badan. Jika diet Anda berhasil tapi kesehatan Anda terancam, sangat disayangkan dan tidak direkomendasikan oleh dokter.

resep diet lancar

Cara konsumsi makanan memang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang. Cara makan seseorang berkaitan dengan pola hidup. Jika pola hidup Anda amburadul alias makan asal kenyang atau makan sembarangan seperti sering konsumsi makanan cepat saji atau junk food, akan berdampak pada kenaikan berat badan Anda.

Lalu bagaimana caranya agar diet tetap lancar dan kesehatan tubuh tetap terjaga? Berikut Resep Diet Lancar untuk menjaga agar kesehatan Anda tetap terjaga disamping berat badan menurun.

Kombinasikan Protein dan Karbohidrat
Mayoritas kita selalu mengkonsumsi karbohidrat ketika saat makan atau lapar. Karbohidrat tersebut bisa berupa nasi, roti, mie, atau pasta. Tahukah Anda bahwa karbohidrat merupakan salah satu penyebab tingginya kandungan gula dalam darah. Cara untuk mengurangi efek merugikan dari karbohidrat tersebut adalah dengan menambahkan protein pada makanan Anda. Contohnya satu porsi nasi merah yang dikombinasikan dengan dada ayam tanpa kulit sebagai makanan berat dan grainy crackers dengan potongan keju sebagai cemilan. Jika Anda ingin makan mie sebaiknya lengkapi dengan telur agar kandungan protein yang Anda konsumsi tetap ada. Tapi sebaiknya konsumsi mie apa lagi mie instan Anda hindari selama proses diet.

Waktu yang tepat untuk konsumsi makanan berat sebaiknya pagi dan siang hari. Anda bisa makan kenyang pada waktu tersebut tapi tidak pada malam hari. Malam hari bisa Anda ganti dengan konsumsi buah dan sayuran jika terasa lapar.

Artikel terkait: Pola Makan 8 Jam Sehari

Lengkapi Kebutuhan Vitamin dengan Sayur dan Buah
Sayuran dan buah sangat penting Anda konsumsi selama diet karena mereka menjadi sumber vitamin bagi Anda. Bagi Anda yang tidak menyukai sayur, mulailah untuk mengkonsumsi sayur disetiap waktu makan Anda. Sederhananya bisa Anda lakukan dalam bentuk menambahkan beberapa helai salad pada roti sandwich Anda. Lebih bijak lagi jika sayuran yang Anda hidangkan bersama makan berat Anda tersebut dimasak dengan cara direbus.

Untuk buah-buahan, Anda bisa memilih buah yang Anda sukai. Peran buah akan lebih maksimal membantu proses pencernaan jika Anda konsumsi sebelum makan berat. Buah bisa menjadi cemilan Anda di pagi atau sore hari.

Hindari Ngemil di Malam Hari
Malam hari adalah waktu yang maksimal bagi tubuh untuk membakar kalori dari sumber cadangan seperti lemak tubuh. Jika Anda ingin diet lancar, sebaiknya jangan tambah kebutuhan karbohidrat di malam hari. Ganti cemilan Anda dari kripik, kue atau snack lainnya pun minuman berkalori tinggi seperti minuman bersoda dengan buah-buahan. Adanya asupan vitamin lebih dibutuhkan di malam hari agar pembakaran lemak tubuh maksimal dilakukan disamping menjaga daya tahan tubuh.

Selalu Sedia Air Putih
Air putih melancarkan segala aktivitas Anda termasuk diet. Kemanapun Anda pergi dan beraktivitas, jangan lupa untuk membawa air putih. Kita sering merasa lapar saat berada di jalan, bahkan di kantor, padahal mungkin sebenarnya kita dehidrasi dan membutuhkan cairan. Jika Anda dehidrasi, sebaiknya jangan minuman manis karena itu tidak menutup kebutuhan cairan tubuh Anda. Air putih merupakan solusi terbaik jika Anda ingin minum ketika di jalanan atau sedang beraktivitas apa pun.

Tetaplah Beraktivitas Seperti Biasa
Aktivitas yang Anda lakukan tiap hari dapat membakar kalori pada tubuh. Sehingga asupan kalori dari makanan yang Anda konsumsi digunakan secara maksimal. Jika Anda sedang diet tetapi tidak melakukan aktivitas apa pun, hanya tiduran, hasil yang Anda dapatkan tidak akan maksimal. Anda bisa belajar dari Tina Toon yang berhasil menurunkan berat badannya dengan tetap beraktivitas dengan rutinitasnya sebagai seorang selebriti meskipun dalam kondisi diet. Aktivitas sederhana yang bisa Anda lakukan bisa berupa olahraga pagi setidaknya 15 menit tiap hari.

Demikianlah artikel tentang Resep Diet Lancar sebagai salah satu cara cerdas memilih makanan untuk Anda konsumsi selama diet. Semoga diet Anda lancar dan berhasil.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »