Resep Berat Badan Sehat

body mass index

Dapur Diet - Resep Berat Badan Sehat. Berat badan cenderung menjadi persoalan ketika sudah melebihi standar normal berat badan seseorang. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat mengancam kesehatan tubuh. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui kesehatan berat badan dan cara yang tepat untuk mencapai berat badan sehat dan ideal tentunya.

Resep berat badan sehat berikut memaparkan akan pentingnya berat badan sehat. Sebelumnya kita sudah membahas tentang cara mengelola berat badan agar tetap ideal. Resep berat badan sehat berikut membantu Anda mengetahui posisi berat badan anda saat ini. Sebagai langkah awal sebelum Anda mulai mengelola berat badan Anda, ada baiknya Anda mengenal Body Mass Index (BMI) terlebih dahulu.

Apa Itu (Body Mass Index) BMI ?

BMI merupakan skala yang menunjukkan kesehatan berat badan seseorang. Skala BMI normal pada umumnya berada pada angka 18 - 23. Jika Nilai BMI menunjukkan angka diatas 23 atau dibawah 18, menandakan bahwa berat badan memiliki risiko terhadap kesehatan tubuh. Obesitas terjadi diatas angka 23. Sementara untuk nilai 18 kebawah menandakan Anda butuh asupan nutrisi lebih banyak. Berikut gambar skala BMI terhadap berat badan seseorang.

skala bmi

Ada banyak cara untuk mengukur kegemukan tubuh. BMI menyajikan cara sederhana untuk mengukur kelebihan berat badan yang dimiliki seseorang. BMI diukur berdasarkan berat badan dan tinggi badan seseorang. Semakin tinggi nilai BMI seseorang maka semakin gemuk atau banyak kelebihan berat badan yang dimilikinya. Rumus BMI adalah seperti berikut:
BMI
Efek Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan resiko terhadap masalah kesehatan seperti:

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Diabetes
  3. Serangan Jantung Koroner
  4. Kanker
  5. Gangguan Pada Sendi dan Tulang

Penting sekali untuk menjaga berat badan Anda untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena salah satu penyakit kronis tersebut. Menurunkan berat badan tidak hanya sehat bagi tubuh Anda, tetapi juga pikiran Anda. Ketika Anda terlihat lebih baik, Anda akan merasa lebih baik tentang diri Anda. Hal ini dapat memberikan Anda rasa percaya diri yang lebih untuk melakukan hal-hal yang Anda pikir tidak pernah bisa sebelumnya.

Cara Tepat Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Bicara soal mengelola berat badan tidak terlepas dari soal keseimbangan energi. Untuk mengelola berat badan, kita harus menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk melalui makanan dan minuman dengan kalori yang digunakan tubuh untuk kegiatan sehari-hari. Mengkonsumsi lebih banyak energi dari yang Anda butuhkan akan menyebabkan penambahan berat badan, sementara itu membakar lebih banyak energi daripada yang Anda konsumsi akan menyebabkan penurunan berat badan.

Cara mengelola berat badan yang sukses adalah dengan menjadikannya sebagai gaya hidup. Apa pun rencana pengelolaan berat badan yang Anda miliki harus selaras dengan prinsip makan sehat dan gaya hidup yang sehat. Menjalankan diet secara terpisah atau sengaja beraktivitas yang lebih tanpa dilengkapi dengan asupan makanan yang lengkap akan gizi sangat tidak efektif untuk mengelola berat badan Anda. Berikut dua tips yang dapat membantu Anda mengelola berat badan sehat.

1. Tentukan Target Pencapaian Yang Cerdas
Goal yang cerdas adalah goal yang spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, realistik, dan memiliki jangka waktu. Tulislah goal atau target pencapaian Anda yang dapat Anda monitor kapan pun seperti berikut:

smart goal of weight loss

Menurunkan berat badan tidak akan terjadi dalam semalam saja. Diet dan perbaikan penurunan berat badan yang tidak berkelanjutan dalam jangka panjang dapat membahayakan tubuh Anda. Program penurunan berat badan yang sehat harus mengadopsi konsep keseimbangan energi sebagai prinsip-prinsipnya. Untuk menurunkan berat badan, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak kalori dari yang Anda konsumsi untuk membakar. Hal ini dapat dicapai melalui diet seimbang dan aktivitas fisik secara teratur.

Jika BMI Anda adalah 23 kg / m2 atau lebih, kehilangan 10-15% dari berat badan Anda saat ini dalam 6  bulan dengan angka 0.5kg -1 kg  per minggu merupakan target yang sehat.

2. Rekap Hasil Pencapaian Anda
Sebuah rencana manajemen berat badan yang baik juga harus mencakup pemantauan kemajuan  secara berkala dan pemeliharaan berat badan dalam jangka panjang. Meninjau kemajuan Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi hal-hal apa yang telah Anda lakukan dengan baik dan hal-hal apa yang menjadi kendala bagi Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin akan melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik dengan intensitas per minggu tetapi terasa sulit ketika membuat pilihan makanan sehat. Mengetahui hal ini dapat membantu Anda menilai kembali rencana aksi Anda.

Anda juga harus secara teratur meninjau tujuan Anda untuk melihat apakah mereka realistis. Tidak semua orang mengikuti pola penurunan berat badan yang sama sehingga Anda mungkin harus menyesuaikan target Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »