Resep Diet Food Combining Untuk Daya Cerna Maksimal

food combining plan b

Dapur Diet - Resep Diet Food Combining Untuk Daya Cerna Maksimal. Resep diet berikut merupakan bentuk Plan B dari food combining. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pencernaan atas makanan yang kita konsumsi. Sebelumnya kita sudah membahas Plan A dari Resep Diet Food Combining. Resep diet food combining untuk daya cerna maksimal berikut tidak jauh berbeda dengan Plan A namun agak sedikit lebih ketat bagi mereka yang memiliki sistem pencernaan sehat.

Mengingat kembali prinsip dari food combining adalah dengan memisahkan atau mengatur uturan makan antara karbohidrat dengan protein. Pada Food combining untuk daya cerna agar maksimal berikut resep nya:

1. Pisahkan Antara Karbohidrat, Protein, dan Lemak
Pisahkan antara karbohidrat tinggi, protein tinggi, dan lemak tinggi dalam satu menu makanan Anda. Jangan kombinasikan ketiga bahan makanan yang mengandung 3 zat tersebut dalam satu piring. Contohnya pisahkan antara beras dengan kacang-kacangan. Hindari makan pizza yang mengandung tepung dan lemak dalam satu menu. Hindari mengkonsumsi steak daging dengan kentang karena itu merupakan kombinasi lemak dan protein tinggi dengan karbohidrat. Kombinasi yang bagus untuk memaksimalkan daya cerna kita adalah dengan mengkombinasikannya dengan sayuran. Telur dengan sayur bayam dikukus lebih bagus ketimbang roti bakar dengan telur.

Resep pertama bagi Anda yang ingin diet dengan food combining sekaligus meningkatkan daya cerna makanan dalam tubuh adalah dengan mengkombinasikan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak hanya dengan sayuran.

2. Buah dan Makanan Manis
Buah-buahan dan makanan manis sebaiknya dikonsumsi secara terpisah. Bisa sebelum anda makan berat atau sesudahnya. Meskipun kita suka sekali mengkonsumsi makanan manis sebagai menu penutup, makanan manis sebenarnya memiliki struktur karbohidrat yang relatif sederhana dan sangat cepat diserap oleh tubuh. Mungkin terdengar sedikit gila, tapi bijak sekali jika Anda dapat mengkonsumsi makanan penutup berupa buah dan manisan terlebih dahulu (30 menit) sebelum makan berat. Jika Anda tetap ingin mengkonsumsi makanan penutup berupa buah dan manisan setelah makan berat, sebaiknya 1-2 jam setelah anda makan berat. Menikmati beberapa potong buah di pagi hari sebelum Anda sarapan dapat membantu membersihkan tubuh Anda dari zat racun.

Resep ke dua bagi Anda yang ingin diet dengan food combining sekaligus meningkatkan daya pencernaan makanan dalam tubuh Adalah dengan mengkonsumsi buah dan makanan manis sebelum makan berat.

3. Pengecualian
Tentu saja untuk setiap aturan terdapat pengecualian. Berikut beberapa kondisi berdasarkan makanan.
  • Makanan yang mengandung kadar lemak dan protein tinggi (seperti keju, yoghurt, kefir, kacang-kacangan, dan biji-bijian mengandung minyak) dapat digabungkan dengan buah (acidic). Contoh: tahini dan saus lemon, almond dan apel asam, yogurt dan stroberi.
  • Minum susu saja. Ketika susu dari hewan dikonsumsi dengan makanan lain, susu cenderung akan mengental, mengisolasi diri dari enzim pencernaan. Produk susu fermentasi seperti keju, yoghurt, buttermilk dan tidak menyebabkan masalah ini dan dapat digabungkan dengan baik dengan sayuran hijau.
  • Makan melon secara terpisah dari makanan lain. Melon dapat dicerna dengan sangat cepat dan dapat menyebabkan makanan lainnya terfermentasi.
  • Lemon, jeruk nipis, dan tomat dapat dimakan dengan sayuran hijau lainnya.
Demikianlah pembahasan singkat Plan B dari Resep Diet Food Combining untuk memaksimalkan daya pencernaan dalam tubuh. Makanan yang efektif dicerna akan membantu mengurangi penumpukan zat sisa dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »