Resep Latihan Kardio Untuk Melangsingkan Tubuh

latihan kardio

Dapur Diet - Resep Latihan Kardio Untuk Melangsingkan Tubuh. Latihan kardio merupakan olahraga yang sangat berperan dalam membentuk tubuh. Latihan kardio dapat melangsingkan tubuh jika dilakukan dengan tepat dan rutin. Artikel kali ini di Dapur Diet menyajikan pada Anda tentang resep latihan kardio untuk melangsingkan tubuh yang bisa Anda coba praktekan dalam program diet Anda atau program mengelola berat badan Anda.

Karakteristik dari latihan kardio berikut adalah dengan menggunakan otot besar. Latihan dilakukan selama 20-30 menit dengan intensitas 3 kali dalam satu minggu. Adapun bentuk latihan kardio yang bisa Anda coba lakukan diantaranya jalan, jogging, lari, bersepeda, maraton, berenang, senam aerobik, dan sebagainya. Sebelum memulai latihan kardio ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Asupan Energi
Hal yang perlu dijaga ketika ingin melakukan latihan kardio adalah asupan energi yang cukup dan tepat. Olahraga cenderung membutuhkan energi yang tidak sedikit sehingga terkadang lemak terpaksa dibakar untuk mencukupi kebutuhan energi tersebut. Pada tubuh kita terdapat gula (glukosa) dan cadangan gula (glikogen) yang menjadi sumber energi. Namun biasanya glukosa dan glikogen akan habis setelah 2 jam latihan kardio. Sementara itu lemak akan terbakar setelah latihan 15-20 menit dengan bantuan oksigen.

2. Kebutuhan Kalori
Kebutuhan kalori setiap orang berbeda tergantung kondisi tubuh masing-masing dan jumlah aktivitas yang dilakukan. Kebutuhan kalori untuk wanita 30 tahun dengan berat badan 70 kilo serta tinggi badan 160 cm, kebutuhan kalorinya adalah 2.264 kalori untuk dapat melakukan olahraga lari 1 jam selama 3 kali seminggu. Bagi Anda yang melakukan latihan kardio secara reguler asupan karbohidrat menjadi peran utama, bisa mencapai 65% kalori yang Anda konsumsi adalah berasal dari karbohidrat. Sementara itu protein hanya butuh 1,2 gram hingga 1,6 gram per kilo berat badan tiap harinya.

3. Kebutuhan Elektrolit Tubuh
Selama olahraga dapat dipastikan Anda mengeluarkan cairan tubuh dalam jumlah banyak atau berkeringat. Keringat yang keluar selama Anda berolahraga menandakan Anda dalam kondisi yang sehat. Untuk itu perlu asupan air dan elektrolit pengganti cairan yang keluar melalui keringat tersebut beserta zat besi untuk memproduksi hemoglobin pengantar oksigen.

Berdasarkan tiga hal tersebut, berikut beberapa tips selama latihan kardio Anda lakukan untuk dapat membantu melangsingkan tubuh.
  1. Minumlah air putih 2-3 kali sebanyak 250 cc dua jam sebelum olahraga dilakukan dan setiap 30 menit olahraga. Sangat baik sekali jika setelah olahraga Anda bisa minum air jus atau minuman khusus berelektrolit.
  2. Makanlah makanan berkarbohidrat 2 jam setelah melakukan latihan kardio. Hal tersebut berfungsi untuk mengganti cadangan gula yang terpakai. Sangat disarankan untuk memilih makanan yang mengandung indek glikemik rendah.
  3. Sebelum melakukan latihan kardio konsumsilah karbohidrat komplek untuk menambah energi. Hindari mengkonsumsi makanan manis hal tersebut dapat menyebabkan kadar gula meningkat dengan cepat. Kadar gula yang meningkat dengan cepat dapat berakibat turun dengan cepat juga sehingga bisa memicu energi turun drastis.
  4. Jika Anda melakukan olahraga kardio dengan durasi 90 menit atau lebih, Anda perlu mengkonsumsi carbohydrate loading, yaitu dengan mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat sehari sebelum melakukan latihan kardio yang sama. Pilihannya antara lain sayuran, sereal whole-gain atau buah-buahan.
Demikianlah artikel tentang resep latihan kardio untuk melangsingkan tubuh yang bisa Anda ikuti. Lakukanlah latihan secara reguler 3 kali dalam seminggu untuk dapat hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan energi dan kalori selama latihan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »