Resep Diet Sehat Saat Puasa

diet sehat saat puasa

Dapur Diet - Resep Diet Sehat Saat Puasa. Tidak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan Puasa Romadhan dimana kita umat muslim akan menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Apa yang akan Anda lakukan jika di bulan tersebut Anda ingin diet sehat saat puasa? Pada artikel kali ini kami akan coba membahas resep diet sehat saat puasa bagi Anda yang berpuasa di bulan Romadhan.

Biasanya sebelum memasuki bulan Romadhan, sejumlah orang sudah melakukan puasa sebagai persiapan atau latihan seperti puasa senin-kamis. Hal tersebut sangat bagus untuk membiasakan tubuh tidak mengkonsumsi makan dan minum dari pagi hingga petang. Perihalnya adalah metabolisme tubuh kita cenderung berubah saat puasa. Tidak heran jika ada yang terkena masalah asam lambung atau badan lemas ketika di awal bulan Romadhan. Hal tersebut dikarenakan tubuh terkejut dengan pola makan yang tiba-tiba berubah. Sangat bijak sekali jika Anda melakukan persiapan sebelum memasuki bulan Romadhan dengan berpuasa senin-kamis.

Bagi Anda yang sedang diet atau dalam program pengelolaan berat badan, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan selama berpuasa. Dapur Diet merangkumnya dalam Resep Diet Sehat Saat Puasa.

1. Atur Jadwal Makan
Selama berpuasa, Anda dapat mengatur jadwal makan Anda sama seperti hari biasa yaitu 3 kali sehari. Sahur dapat Anda jadikan sebagai makan pagi Anda. Saat berbuka merupakan saat makan siang atau makan sore Anda. Makan malam Anda sebaiknya dilakukan setelah melakukan ibadah solat magrib atau jika sanggup setelah solat taraweh. Hal ini sangat bagus bagi tubuh Anda karena membantu pencernaan makanan tidak kaget ketika menerima asupan makanan. Makan terburu-buru dan dengan jumlah banyak saat berbuka dapat mengganggu kesehatan pencernaan Anda.

2. Konsumsilah Makanan Kaya Serat
Saat makan malam dan sahur, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang kaya serat. Contohnya seperti roti gandum, beras merah, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Anda dapat mengkonsumsi beras merah saat sahur. Beras merah selain mengandung karbohidrat kompleks juga sangat lama untuk dicerna. Kadar karbohidrat kompleks yang dikandungnya dapat membantu menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Sementara itu makanan yang mengandung serat tinggi dapat menetralkan asam pada lambung. Hal ini sangat baik bagi Anda yang sering mendapat masalah dengan asam lambung.

3. Berbukalah Dengan Yang Manis
Kita memiliki kebiasaan berbuka dengan yang manis. Seperti contohnya berbuka dengan teh manis hangat, kolak, dan menu makanan ringan lainnya. Terkadang kita lupa bahwa makanan yang terlalu manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Jika Anda sedang melakukan program diet atau pengelolaan berat badan, ini akan meruntuhkan rencana Anda. Tidak heran jika berat badan Anda malah naik setelah bulan puasa. Lalu bagaimana sebaiknya? Konsumsilah yang manis alami seperti yang terkandung pada buah kurma atau jus buah. Kunsumsi yang manis saat berbuka akan membuat selera makan Anda hilang dan bahkan Anda bisa dibuat tidak makan malam. Padahal kandungan gizi lainnya terdapat pada makan malam Anda. Olehkarena itu, berbukalah sekedarnya dengan yang manis alami sehingga tidak membuat Anda terlalu kenyang. Sehingga masih ada rongga dalam lambung Anda untuk menerima asupan gizi lengkap dari makan malam.

4. Hindari Gorengan
Gorengan sangat diminati oleh orang Indonesia saat berbuka puasa. Padahal minyak mengandung kadar lemak berlebih yang tidak baik bagi Anda yang sedang melakukan diet atau program pengelolaan berat badan. Variasikanlah menu makanan Anda dengan direbus, dipanggang, atau ditumis dengan sedikit minyak. Hindari jajan gorengan dipinggir jalan karena kita tidak tau kadar minyak dan jenis minyak goreng yang digunakannya.

5. Makanlah Perlahan Dengan Porsi Kecil
Saat berbuka kita cenderung untuk ingin makan dengan jumlah besar. Tidak hanya itu, kondisi Anda yang belum makan sepanjang hari juga membuat Anda ingin makan dengan cepat. Padahal perut Anda butuh 20 menit untuk memberitahu otak bahwa perut Anda sudah penuh. Maka dari itu, makanlah perlahan dan dengan porsi kecil terlebih dahulu.

Saat sahur pun demikian, kita cenderung ingin makan dalam jumlah banyak karena perasaan takut lapar di siang hari. Sehingga kadang kita menyantap makanan dengan cepat agar semua dapat terisi penuh. Padahal perlakuan seperti itu sangat tidak baik. Makanlah dengan porsi kecil dan kunyah perlahan. Hal ini akan membantu tubuh dalam mencerna makanan.

6. Konsumsi Air Putih
Air putih sangat penting bagi tubuh. Selama berpuasa, asupan air putih harus tetap minimal 8 gelas. Aturlah jadwal minum Anda sedemikian rupa sehingga Anda tidak meminumnya sekaligus. Karena hal demikian sangatlah tidak bagus. Air putih dapat membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh Anda. Jika Anda tertarik, cobalah berbuka dengan air putih dengan irisan lemon. Lakukan secara rutin selama bulan puasa. Hal tersebut dapat mendetox tubuh Anda dari zat racun.

7. Berjalanlah di Malam Hari
Berjalan di malam hari selama 30 menit sangat bagus untuk metabolisme tubuh Anda. Disamping membantu menjernihkan pikiran Anda, juga sangat ideal untuk menikmati udara segar jika dipagi hari. Jangan lakukan setelah makan berat karena hal tersebut mengganggu sistem pencernaan. Lakukanlah setelah ibadah solat taraweh atau ibadah solat subuh.

Itulah 7 Resep Diet Sehat Saat Puasa yang bisa menjadi referensi Anda ketika diet atau melakukan program pengelolaan berat badan saat berpuasa. Selama berpuasa jangan lupa untuk memperhatikan asupan gizi yang Anda konsumsi. Perbayaklah asupan protein dan vitamin dari pada karbohidrat jika Anda ingin diet Anda berhasil atau berat badan Anda tidak naik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »