Resep Sehat Buah Kurma Untuk Diet

kesehatan buah kurma


Dapur Diet - Resep Sehat Buah Kurma Untuk Diet. Di bulan Romadhan kita sering kali menjumpai buah kurma. Bagi mereka yang berpuasa di bulan Romadhan dianjurkan berbuka dengan buah kurma. Selain rasanya yang manis, ternyata kurma memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan khususnya bagi Anda yang ingin diet atau menjaga berat badan.

Buah kurma memiliki sederetan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel di bawah menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma. Sekitar 60% dari kandungan nutrisi buah kurma yang sudah matang merupakan zat gula. Sisanya berupa protein, vitamin, lemak, dan produk mineral seperti tembaga, asam float, magnesium, dan besi.

gizi pada buah kurma

Sebelum menelaah kolerasi buah kurma dengan diet, ada baiknya kita menelik beberapa khasiat buah kurma bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan zat gizi dan non-gizi yang dikandung oleh buah kurma, ada beberapa manfaat penting buah kurma bagi kesehatan tubuh.

Buah kurma kaya akan serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma membantu melindungi selaput lendir pada usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar. Buah kurma juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin yang bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.

Pada 100 gram kurma terdapat 5% vitamin A yang memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kesehatan kulit. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

Buah kurma juga mengandung zat besi dalam jumlah besar dengan kadar 11% untuk setiap 100 gramnya. Besi merupakankomponen hemoglobin pada sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah. Sementara itu 40% kandungan buah kurma terdiri atas tembaga yang sangat diperlukan dalam produksi sel darah merah.

Itulah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh. Ada banyak lagi manfaat yang diberikan buah kurma pada tubuh pada dasarnya ketika secara rutin mengkonsumsi buah tersebut. Namun, ada resepnya jika Anda sedang melakukan diet dan ingin mengkonsumsi buah kurma.

Resep Sehat Buah Kurma Untuk Diet.

Pertama, buah kurma dapat menangkal racun. Zat racun pada tubuh manusia dapat berada pada berbagai organ tubuh. Salah satunya termasuk pada usus (miquid plague). Jika Anda selalu gagal dalam diet, atau berat badan tidak menurun padahal makan sudah sedikit, berarti pada tubuh Anda terdapat zat racun atau toksin. Buah kurma dapat membantu menangkal zat racun pada tubuh  karena kurma memiliki kandungan vitokimia serta memiliki zat antioksidan. Konsumsilah 7 butir kurma setiap hari untuk dapat melawan zat racun pada tubuh.

Kedua, buah kurma merupakan sumber energi. Buah kurma memiliki kandunagn energi untuk tubuh sehingga buah kurma sering dijadikan sebagai makanan berbuka puasa. Apalagi kandungan gloukosa dan fluktosa pada buah kurma sangat kompleks sehingga memberikan asupan energi yang cukup pada tubuh. Jika Anda sedang diet, Anda perlu perhatian khusus untuk hal satu ini.
  1. Lebih dari 50% kandungan pada buah kurma merupakan karbohidrat. Sehingga buah kurma bisa menjadi pengganti makan berat.
  2. Jangan mengkonsumsi buah kurma berdekatan waktunya dengan makan berat seperti makan malam atau menjadikan buah kurma sebagai makanan penutup makan malam.
  3. Jika Anda berpuasa, 3 butir buah kurma cukup untuk Anda berbuka. Lakukan makan berat jarak 1 hingga 2 jam setelah Anda berbuka
Ketika, buah kurma disebut juga sebagai makanan laksatif (laxative food). Hal tersebut dikarenakan buah kurma membantu melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Jika buang air besar lancar, pembuangan zat sisa pada tubuh dapat dikatakan optimal. Pada dasarnya tubuh melakukan detoksifikasi dengan membuang zat racun atau zat sisa dari tubuh melalui buang air. Penumpukan zat sisa pada tubuh akibat bab tidak lancar dapat menyebabkan terbentuknya toksin atau zat racun yang salah satunya menyebabkan diet Anda gagal. Buah kurma dapat membantu melawan zat racun dan membuangnya melalui buang air besar.

Tiga hal tersebut sudah menjelaskan manfaat besar buah kurma bagi kesehatan dan semoga memberikan manfaat bagi Anda yang melakukan diet atau pengelolaan berat badan. Sebagai penutup artikel kali ini, berikut informasi tambahan tentang manfaat buah kurma bagi ibu yang sedang hamil.

Kurma Untuk Ibu Hamil

Buah kurma mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia sehingga buah ini cocok untuk ibu hamil. Kandungan hormone oksitosin pada kurma berguna untuk memperlancar persalinan dan prioduksi asi. Sementara itu Glukosa dan Fructosa dan karbohidrat yang ada pada buah kurma akan menambah kekuatan saat proses persalinan. Kurma juga mengandung kalium yang bagus sekali untuk mempertahankan kontraksi otot jantung. Hal menarik sekali dari buah kurma adalah ia mengandung Nutrisi Kalium yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada janin ibu hamil. Jadi, jangan takut untuk mengkonsumsi buah kurma bagi Anda yang sedang hamil.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »