Resep Berolahraga Saat Puasa

olahraga saat puasa

DapurDiet.com - Resep Berolahraga Saat Puasa. Puasa Romadhan bukan menjadi halangan untuk kita tetap berolahraga. Hal ini sudah pernah dinyatakan oleh seorang dokter spesialis penyakit dalam FKUI-RSCM, Ari Fahrial Syam yang dikutip dari majalah Republika. Beliau menyatakan bahwa olahraga tetap dapat dilakukan meski sedang berpuasa.

Tentu saja olahraga yang dimaksud adalah olahraga ringan. Olahraga berat sangat tidak dianjurkan dilakukan saat berpuasa. Kecuali bagi Anda yang sidah terbiasa berolahraga setiap hari. Jika hal tersebut tidak memberatkan, Anda dapat melakukan olahraga berat saat berpuasa. Namun perlu diingat bahwa olahraga berat membutuhkan jumlah energi yang lebih banyak sementara saat berpuasa ada keterbatasan pasokan kalori dari hari biasanya. Selain itu, saat berolahraga berat, tubuh menghasilkan gula glikogen yang dapat membuat tubuh cepat lelah. Sebaiknya ini menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin melakukan olahraga berat saat berpuasa.

Lalu seperti apa olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa? Berikut Dapur Diet merangkumnya dalam resep berolahraga saat berpuasa.

Pertama, pilihlah olahraga ringan. Olahraga ringat yang dapat Anda lakukan adalah seperti jogging, berjalan selama 30 menit atau bersepeda. Anda dapat melakukan jogging di pagi hari setelah ibadah solat subuh. Menghirup udara pagi dengan berjalan kaki atau jogging selama 30 menit sangat bagus untuk kesehatan. Bersepeda dapat Anda lakukan 20 menit sebelum berbuka pausa sebagai pengisi waktu ngabuburit Anda. Jika Anda ingin melakukan olahraga berat yang banyak menguras tenaga, sebaiknya lakukan di malam hari 2 jam setelah berbuka puasa.

Kedua, pilihlah waktu berolahraga 30 menit sebelum berbuka atau di pagi hari. Di malam hari kurang dianjurkan karena dapat mengurangi waktu istirahat tubuh. Sangat tidak bagus lagi jika Anda melakukan olahraga malam sebelum tidur. Hal tersebut dapat membuat tubuh Anda terasa sangat lelah. Jika Anda ingin melakukan olahraga di malam hari, lakukanlah setelah makan malam Anda tercerna dengan baik yakni sekitar 2 jam setelah makan.

Ketiga, berolahragalah sesuai kondisi tubuh. Jangan paksa tubuh Anda jika memang Anda tidak terbiasa berolahraga. Bagi Anda yang sudah setiap hari berolahraga, mungkin berolahraga dua kali seminggu saat berpuasa tidak jadi masalah. Jika Anda memang jarang berolahraga sebaiknya pilihlah waktu di pagi hari saat tubuh masih memiliki energi yang lumayan cukup.

Keempat, berolahragalah di tempat yang sejuk. Saat Anda berjogging atau jalan-jalan sore di kawasan terbuka, lakukanlah di kawasan yang sejuk dan teduh agar cairan tubuh Anda tidak terlalu terkuras.

Demikianlah beberapa resep berolahraga saat berpuasa yang dapat Anda lakukan bagi Anda yang ingin tetap berolahraga saat puasa romadhan. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur jika di hari itu Anda ingin berolahraga. Jika Anda berolahraga 30 menit sebelum berbuka, hindari berbuka dengan yang manis, berbukalah dengan air putih atau minuman ber-ion yang dapat mengganti ion tubuh Anda yang hilang saat berolahraga. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »