10 Tips Memulai Program Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Aman

program menurunkan berat badan
Apakah anda memiliki masalah dengan berat badan Anda?  Atau anda sedang ingin menurunkan berat anda? Apakah anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan yang alami dan sehat?  Artikel ini akan memberikan tips bagaimana memulai program menurunkan berat badan secara alami dan aman.  Anda juga akan mendapatkan informasi bagaimana mendapatkan berat badan tetap ideal setelah program.  Sebelum memulai program, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai berat badan anda sekarang.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Aman


 1. Komitmen
Bagaimana memulai program diet anda?  Pertama-tama anda haruslah memiliki komitmen yang kuat untuk memulai program.  Berat badan yang ideal dan sehat akan membuat anda merasa lebih segar dan bugar, dan membuat metabolisme dalam tubuh  akan berlangsung secara optimal. Inilah yang harus menjadi fokus dan tujuan yang jelas untuk menurunkan berat badan anda.

2. Miliki Mindset Diet yang Benar
Mindset merupakan cara anda memandang sesuatu sehingga tercipta sebuah tindakan.  Optimisme dan pesimisme  adalah dua jenis mindset.  Mindset adalah kombinasi antara motivasi dan persepsi.  Dalam diet, mindset yang benar sangat diperlukan. Kenapa? Pola diet anda sangat bergantung kepada apa motivasi anda menjalani program menurunkan berat badan.  Ketika seseorang memilih diet (padahal sebelumnya sangat suka makan)  dengan berpikiran bahwa seorang pria yang ditaksirnya tidak akan mencintai wanita yang gemuk, maka bisa dikatakan bawah motivasi wanita tersebut adalah karena ingin tampil cantik di depan pria idamannya. Apakah ini salah? Tidak juga.  Hanya saja ketika dengan bertubuh langsing pun pria tersebut tidak meliriknya sedikitpun, apakah dietnya akan tetap berlanjut? Besar kemungkinan kebiasaan makannya akan kembali seperti semula.

Berbeda halnya jika anda berpikir bahwa anda harus menjaga kesehatan.  Tidak ada yang dapat menolong anda selain anda sendiri, dan anda mengatakan bahwa anda menyayangi dan menghargai tubuh anda.  Maka anda akan memikirkan berbagai cara menurunkan berat badan yang efektif, alami dan sesehat mungkin bagi tubuh anda.

3. Pahami Proses Metabolisme Tubuh Bekerja
Bagaimana proses metabolisme dalam tubuh bekerja? Sebelumnya kita harus memahami apa itu metabolisme. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani yaitu metabolismos yang artinya perubahan.  Sedangkan secara bahasa metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di tingkat seluler. Proses metabolisme dalam tubuh berlangsung dengan mengubah kalori menjadi energi yang kemudian akan menjadi bahan bakar bagi setiap sel.

Energi akan diperbaharui setiap kali setelah kita makan.  Secara umum, dalam proses metabolisme mengubah makanan menjadi energi, hanya sekitar 80 % yang efisien menjadi energi, sisanya akan tersisa sebagai kalori yang tertimbun.  Apabila anda makan karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan, maka kelebihan glukosa sebagai hasil akhir pemecahan karbohidrat kompleks menjadi karbohidrat sederhana, akan diubah menjadi asam lemak dan akan disimpan di dalam jaringan lemak.  Inilah alasan mengapa orang yang mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan menjadi gemuk.

 4. Atur Pola Makan
Jika anda ingin menurunkan berat badan secara efisien, aturlah pola makan anda.  Makanlah lebih sering 5-6 kali dalam sehari dengan porsi kecil.  Dengan demikian, tubuh akan akan tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, juga kalori yang masuk akan digunakan secara efisien.

Anda tidak disarakan untuk diet secara ketat dan berlebihan.  Diet berlebihan akan merusak metabolisme tubuh, karena ada zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh hilang seketika.

 5. Kurangi Konsumsi Makanan Berikut Ini
Salah satu cara menurunkan berat badan adalah mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.  Minyak goreng adalah lemak yang akan menjadikan rasa gurih dan renyah pada makanan.  Sebagian besar orang Indonesia masih menjadikan gorengan sebagai cemilan sehari-hari. Apakah ini sehat?  Tentu saja tidak.  Kandungan minyak dalam gorengan mengandung lemak yang akan mempercepat meningkatnya berat badan.

Jenis makanan lainnya adalah tepung.  Tepung adalah karbohirat kompleks yang dihaluskan.  Mengapa tidak baik untuk kesehatan? Ternyata karbohidrat kompleks seperti gandum atau beras yang dihaluskan, memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi. Sehingga ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung tepung, maka glukosa darah akan meningkat dengan tajam.  Peningkatan glukosa darah yang terus menerus akan menjadi faktor resiko diabetes dan kegemukan.

Gula atau yang biasa disebut dengan glukosa adalah senyawa kimia paling sederhana sebagai hasil akhir pemecahan karbohidrat.  Jika anda ingin menurunkan berat badan anda, hindarilah makanan manis . Kenapa? Selain mengandung banyak kalori, glukosa yang berlebihan akan menyebabkan terjadinya kegemukan dalam waktu singkat.

Mentega dan margarin adalah dua jenis produk lemak yang sebenarnya hampir sama efeknya bagi tubuh.  Keduanya memperbesar resiko kegemukan.  Jika anda    sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan mentega atau margarin,  maka akan terjadi kelebihan kalori.  Dengan demikian asam lemak yang terbentuk akan tersimpan dalam sel-sel lemak anda dan anda pun menjadi gemuk.

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Buah-buahan dan dan sayuran adalah jenis makanan alami yang sangat baik bagi kesehatan anda.  Konsumsi buah dan sayur dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler. Resiko kegemukan akibat makanan berkalori tinggi dapat dikurangi dengan konsumsi rutin buah dan sayur.

WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)  merekomendasikan untuk mengkonsumsi minimal 400 mg  buah-buahan dan sayuran per hari untuk pencegahan penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas.  Dalam laporan WHO, ditemukan bukti yang meyakinkan bahwa buah dan sayuran menurunkan resiko obesitas (kegemukan).  Laporan tersebut menyatakan bahwa umbi-umbian misalnya singkong dan kentang tidak termasuk dalam kategori buah dan sayuran.

7. Istirahat yang Cukup
Berikanlah tubuh anda hak untuk istirahat.  Istirahat yang cukup akan memungkinkan metabolisme dalam tubuh berjalan secara optimal.  Ketika anda kurang tidur, maka akan terjadi perubahan aktivitas dalam otak yang memicu anda untuk terus merasa lapar dan cenderung mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.

Istirahat yang cukup dapat menambah daya tahan tubuh anda dan mengoptimalkan kerja organ pencernaan.  Sehingga esok harinya tubuh akan lebih siap beraktivitas dan bekerja dengan lebih baik lagi.

 8. Rutin Berolahraga
Jika anda ingin menurunkan berat badan, maka olahraga adalah tindakan nyata yang akan memberikan hasil jika anda teratur melakukannya, tidak hanya sesekali.  Berolahraga seperti berjalan kaki, jogging, dan senam adalah beberapa contoh olahraga yang dapat dilakukan.

Diet dan olahraga rutin atau kombinasi keduanya merupakan cara menurunkan berat badan yang dinilai efektif.  Mengatur diet saja tanpa olahraga tidak akan optimal.  Begitu pula jika anda hanya berolahraga rutin saja tanpa memperhatikan diet anda.

9. Bantu dengan Suplemen Tepat dan Aman
Mungkin beberapa dari anda telah mencoba berbagai cara menurunkan berat badan, tetapi anda merasa hasil yang didapatkan belum optimal.  Berat badan anda hanya turun beberapa kilogram saja dan tidak bertahan lama. Atau berat badan Anda tidak turun sama sekali meskipun porsi makan sudah sedikit. Jika Anda mengalami hal tersebut, bantulah program diet Anda dengan suplemen / makanan dan minuman sehat yang memaksimalkan proses pembakaran lemak pada tubuh serta pembentukan otot. Anda disarankan untuk memilih suplemen yang bekerja efisien dan tidak membuat ketergantungan. Untuk mendapatkan suplemen diet tersebut bisa Anda kunjungi pada situs www.dapurdetox.com. Terlebih dahulu lebih baik lagi jika Anda pelajari kenapa diet Anda tidak maksimal atau bahkan gagal. Ini alasannya.

 10. Nikmati Prosesnya
Apa bagian terpenting dari program diet? Ya prosesnya.  Ketika anda merasa enjoy dan tidak terbebani saat menjalani diet, maka saat itu anda memang bersungguh-sungguh menurunkan berat badan anda.  Jangan fokus pada angka timbangan. Karena angka pada timbangan bukan tujuan anda.  Nikmati prosesnya dan anda akan melihat bahwa berat badan anda akan lebih mudah turun.

Mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat adalah fokus dan tujuan anda saat menjalani program menurunkan berat badan.  Maksimalkan semua cara menurunkan berat badan secara alami yang dapat anda lakukan. Dan yang paling penting adalah jangan terbebani dan nikmati program anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »