7 Tips Diet Sehat Bagi Kalangan Remaja

diet bagi remaja

Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke dewasa. Dimasa ini terjadi beberapa perubahan fisiologis seperti penambahan panjang tulang dan masa otot . Seorang remaja biasanya akan menyadari tentang penampilannya dan akan selalu berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan dikagumi banyak orang, sehingga lebih percaya diri tampil di lingkungan sosialnya. Maka banyak remaja melakukan diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Namun diet untuk remaja berbeda dengan orang dewasa. Berikut tips diet sehat bagi kalangan remaja.

1. Kontrol Kebiasaan
Remaja biasanya cenderung melakukan kebiasaan tidak baik bagi kesehatan mereka. Contohnya sering melewatkan waktu makan karena sibuk, merokok, tidur tidak teratur atau melakukan olahraga terlalu berat. Biasanya kaum remaja suka sekali dengan nongkrong. Kebiasaan saat nongkrong adalah mengkonsumsi makanan ringan dan minuman kemasan. Padahal ngemil yang berlebih dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh dan berisiko berat badan naik. Ada baiknya kebiasaan buruk tersebut diganti dengan kebiasaan yang lebih memicu pada pertumbuhan badan seperti menjaga pola makan, mengkonsumsi protein, sayuran dan buah.
kebiasaan nongkrong remaja


2. Mengontrol Porsi dan Pola Makan
Masih soal kebiasaan, spesifiknya adalah pola makan. Dengan mengontrol pola makan yang teratur dan porsi makan yang tidak berlebih, dapat membatasi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Konsumsi jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh akan membantu menjaga penumpukan kalori pada lemak.
pola makan buruk


3. Jangan Tinggalkan Sarapan
Sarapan pagi itu penting karena ia menjadi sumber energi diawal waktu untuk semua aktivitas yang dilakukan di hari itu. Sarapan membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh agar bisa memulai aktivitas dan menjaga tubuh tetap aktif sepanjang hari. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa mereka yang sering menjaga sarapan pagi mereka lebih mudah menurunkan berat badan ketimbang mereka yang sering meninggalkan sarapan pagi mereka. Sarapan yang baik di pagi hari untuk kalangan remaja adalah makanan yang mengandung kaya protein dan serat seperti sereal, telur, dan roti gandum.
sarapan pagi sehat


4. Makan di Rumah Saja
Kebanyakan remaja lebih suka mengkonsumsi makanan yang dijual di luar. Lebih sering makan siang di kantin sekolah daripada di rumah. Padahal jajanan di luar memiliki asupan kalori yang lebih banyak. Akan lebih sehat jika mulai saat ini Anda makan di rumah saja atau membawa bekal dari rumah. Selain karena kebersihannya terjaga, Anda juga bisa mengatur banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda.
makanan rumah


5. Banyak Konsumsi Air Putih
Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih 2 - 3 liter perhari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Disamping itu air putih juga berperan dalam detoksifikasi tubuh. Mengkonsumsi air yang cukup akan meningkatkan laju metabolisme tubuh dan juga membantu mengeluarkan semua zat sisa atau racun dari tubuh. Peningkatan metabolisme sekaligus dapat meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan.
air putih


6. Perhatikan Label Makanan Kemasan
Mengontrol kalori dapat dilakukan melalui kebiasaan yang sederhana, misalnya membaca label kandungan gizi pada makanan kemasan. Jumlah kalori yang disarankan bagi remaja untuk dikonsumsi setiap hari adalah sebanyak 2000 kalori per hari. Makanan yang digoreng dan dipanggang, serta susu full cream adalah jenis makanan yang harus dihindari karena tinggi kalori.
label makanan sehat


7. Olahraga
Rutin melakukan aktivitas fisik selama 1 jam tiap hari akan membantu Anda membantu Anda mendapatkan berat badan yang diinginkan. Pilihlah olahraga yang Anda sukai seperti jogging, bersepeda, senam atau berenang. Aktivitas fisik seperti menari atau bersih-bersih rumah juga bisa membakar lemak tubuh yang berlebih.
olahraga diet

Pembentukan tubuh yang sehat dan ideal saat remaja sangat penting mengingat kebiasaan yang kita bangun saat remaja akan terbawa dan berpengaruh kedepannya. Demikianlah tips diet sehat bagi kalangan remaja. Mulailah untuk menata pola hidup dan makan Anda sedini mungkin jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »