Apa Itu Diet Rendah Garam?

diet rendah garam

DapurDiet.com - Diet Rendah Garam. Mungkin Anda pernah mendengar istilah diet rendah garam. Kami akan mencoba mengulas peran garam pada tubuh dan bagaimana sebenarnya diet rendah garam tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa garam merupakan bumbu masakan yang tidak pernah lupa yang mana selalu menjadi bagian penting dari sebuah resep masakan. Tanpa garam, masakan terasa hambar.

Bagaimana Fungsi Garam pada Tubuh?
Garam terdiri atas sodium dan klorida. Kedua senyawa tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Metabolisme yang baik akan mengeluarkan zat sisa sodium dalam bentuk keringat dan urin. Jika kita perhatikan seseorang yang berolahraga, pada titik tertentu dia akan merasakan capek. Hal tersebut dikarenakan kadar sodium dalam tubuh banyak yang terkeluarkan melalui keringat. Sehingga tekanan darah akan menurun dan tubuh akan merasa kelelahan. Itulah mengapa olahragawan selalu mengkonsumsi minuman berenergi karena minuman tersebut mengandung sodium yang dapat menggantikan kadar sodium yang sudah dikeluarkan oleh tubuh.

Namun demikian, konsumsi garam berlebih juga tidak bagus untuk tubuh karena dapat mengurangi kadar kalsium dan berpotensi menaikkan tekanan darah. Sodium dapat menarik kalsium ke dalam urin. Padahal kalsium berguna bagi tubuh untuk mencegah osteoporosis, membantu pembentukan tulang, dan melancarkan peredaran darah.

Keterkaitan Garam dengan Kegemukan
Konsumsi garam berlebih tidak akan menyebabkan kegemukan tapi berefek langsung terhadap tubuh. Makanan yang beredar di sekitar kita banyak mengandung sodium, dan disaat yang sama, makanan tersebut juga mengandung gula dan kalori yang cukup banyak.  Pada saat mengkonsumsi makanan asin, biasanya kita akan mudah kehausan dan akan minum air lebih banyak dari biasanya.

Garam yang sudah bercampur dengan zat buatan seperti pemanis atau perasa buatan akan membuat anda gemuk karena penumpukan zat sisa urin yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh akan membentuk lemak, dan dengan meminum air dalam jumlah banyak, tubuh akan mengalami retensi air, dan berat badan akan bertambah karena banyak air yang tertimbun.

Apa Itu Diet Rendah Garam?
Diet rendah garam yang dimaksud sebenarnya adalah diet rendah sodium (natrium) yang terdapat pada makanan cepat saji, olahan, dan makanan yang mengandung pengawet. Garam dapur sendiri sebenarnya baik bagi tubuh karena merupakan sumber sodium utama.

Diet rendah garam bertujuan membantu mengurangi retensi garam/air pada tubuh. Salah satu resep diet rendah garam adalah dengan diet mayo. Selama diet mayo, Anda diharuskan menghindari 3G - gorengan, gula, dan garam. Pelajari selengkapnya terkait resep diet mayo.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu diet rendah garam yang sebenarnya merupakan diet rendah sodium. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »