Lezat, Inilah 5 Cara Tepat Menyajikan Sepiring Salad Sehat

cara menyarjikan salad sehat


Sumber pangan yang tepat untuk seseorang yang sedang melakukan program diet adalah sayuran dan buah-buahan yang segar. Sayuran dan buah-buahan cenderung memiliki kandungan kalori yang rendah. Untuk itu, biasanya para pelaku diet akan membuat kreasi salad dari bahan-bahan menyehatkan ini.

Salad buah dan sayuran selama ini dianggap sebagai menu diet sehat. Sayangnya tidak semua salad baik untuk dikonsumsi saat menjalani program diet. Dibalik lezatnya salad ada beberapa diantaranya yang mengandung kalori dalam jumlah yang besar jika dikombinasikan dengan bahan-bahan yang mengandung kalori yang cukup besar. Tidak perlu cemas jika salad yang Anda buat justru bisa menambah berat badan Anda. Cukup mengikuti beberapa tips menyajikan salad sehat berikut ini.

Penuhi Salad Anda Dengan Sayuran Hijau

Salad yang sehat harus dipenuhi dengan berbagai macam sayuran hijau yang penuh dengan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Sayuran hijau yang dianjurkan untuk membuat salad diantaranya bayam, selada, buncis, romaine lettuce, kale, dan berbagai sayuran hijau lainnya yang mengandung serat yang tinggi serta mengandung vitamin C dan folat.

Tambahkan Sayuran Berwarna Variatif

Bukan hanya sayuran hijau saja, salad yang semakin beragam akan semakin sehat. Warna sayuran yang berbeda akan memperkaya nutrisi untuk tubuh Anda. Sayuran lain yang harus ada di dalam menu salad Anda, harus mengandung beta karoten serta lycopene seperti yang ada di wortel, tomat, timun, paprika, dan jamur.

Jangan Lupakan Protein

Selain sayur-sayuran, salad yang sehat juga harus mengandung protein. Anda bisa menambahkan ikan, daging, ayam, tempe, tahu, telur, dan kacang. Pastikan ikan dan telur Anda mengandung lemak jenuh rendah dan Omega 3.

Sedikit Keju dan Yoghurt Tidak Masalah

Bagi pecinta keju dan yoghurt mungkin akan merasa hambar jika salad yang dibuat tidak ada tambahan keju dan yougurt. Penambahan dua bahan ini pada salad tidak dilarang asalkan Anda memilih jenis keju dan yoghurt low fat. Keju dan yogurt meningkatkan nilai gizi kalsium dan protein dalam semangkuk salad Anda.

Pilih Dressing Rendah Kalori

Tidak lengkap rasanya jika salad tidak ditambahkan dengan dressing berbasis minyak untuk meningkatkan cita rasa. Dressing minyak seperti mayones, thousand island dan honey mustard mempunyai kalori yang tinggi. Sebaiknya Anda memakai dressing dengan balsamic vinaigrette, italian dressing atau vinegar.

Kelima tips sajian ini bisa menjadi panduan untuk Anda membuat salad untuk dikonsumsi setiap hari. Anda juga bisa mendapatkan informasi diet sehat praktis di sini sebagai panduan lengkap untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat tanpa perlu diet ketat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »