Makan Tidak Teratur? Ini Dampak dan Tips Mengatasinya

tips makan telat

Dapurdiet.com - Tahukah kamu bahwa makan tidak teratur dan tidak tepat waktu dapat berpengaruh pada kesehatan salah satunya naiknya berat badan. Kapan sebenarnya jadwal yang tepat untuk makan? Menurut dr. Tri Kusuma, waktu makan yang tepat adalah pagi hari antara pukul 7 hingga pukul 8 pagi. Makan siang yang baik adalah pukul 12 hingga pukul 13. Sementara itu waktu makan malam yang baik tidak lebih dari pukul 8 malam.

Kebiasaan makan tidak teratur dan tidak tepat waktu dapat memicu penyakit magh atau kembung, dan juga berefek pada naiknya berat badan. Contoh kebiasaan makan yang salah diantaranya:

Pertama, makan sambil tiduran. Kebiasaan ini sering kali dilakukan seseorang kala santai. Perlu disadari bahwa makan sambil tiduran dapat membuat kerja lambung tidak optimal. Posisi kerongkongan yang sejajar dengan posisi lambung dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Kamu bisa merasa tersedak dan bisa menyebabkan rasa perih dibagian telinga karena asam lambung naik ke saluran eustachius.

Kedua, makan dengan cepat. Kebiasaan ini sering kali dilakukan karena saking laparnya atau dikerjar waktu hingga makan terlalu lahap dan buru-buru. Makan dengan cepat dapat membuat Kamu tersendak dan bisa berakibat fatal. Disamping itu, kebiasaan ini tidak memberi ruang untuk otak bergerak cepat memberi instruksi pada organ tubuh hingga fungsi lambung tidak maksimal. Fungsi lambung yang tidak optimal dapat berakibat perut kembung dan makanan tidak terolah dengan benar. Makanan yang tidak terolah dengan benar dapat menyebabkan pengendapan dalam usus dalam bentuk Miquid Plague sehingga berat badan naik.

Info: Apa Itu Miquid Plague?

Tips Saat Telat Makan

1. Jangan langsung makan berat. Hal ini akan menyebabkan lambung terkejut dan memicu asam lambung.

2. Makan makanan manis terlebih dahulu. Makanan manis dapat menurunkan asam lambung sehingga perut tidak terasa perih.

3. Beri jeda waktu sebelum makan berat. Ketika telat makan sebaiknya makan makanan manis dan beri jeda sebelum konsumsi makana berat.

4. Hindari makanan pedas. Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung.

Itulah beberapa dampak dari kebiasaan makan tidak teratur dan salah beserta tips saat telat makan. Semoga membantu ya. Ingat! jaga pola makan teratur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »