Resep Diet Jepang: Teh Kedelai Hitam (Kuromame Tea) Efektif Turunkan Berat Badan

kuromame tea

DapurDiet.com - Teh kedelai hitam atau lebih dikenal dengan nama Kuromame Tea sering disebut sebagai rahasia sehat Jepang yang dinilai efektif untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Black soybean aslinya berasal dari daratan Cina dan telah lama menjadi bahan pengobatan alami di Cina untuk membersihkan racun (toksin) dari tubuh. Di Jepang, kedelai hitam tersebut diseduh dengan racikan tertentu menjadi sebuah minuman alami yang sehat.

Kandungan Pada Black Soybean

Ada beberapa kandungan yang terdapat pada Kuromame Tea hingga mampu menghancurkan lemak dengan luar biasa.

1. Polifenol
Polifenol merupakan senyawa anti-aging atau dikenal karena sifat anti-penuaan. Senyawa yang sama dapat ditemukan pada beras hitam, pir, dan kentang. Senyawa polifenol pada black soybean lebih spesifik dikenal dengan nama Antosianin.

Antosianin telah menunjukkan hasil positif dalam pencegahan kanker, anti penuaan, menurunkan kolesterol, dan melancarkan metabolisme lipid.

2. Isoflavon
Kandungan berikut merupakan sejenis anti-oksidan yang mampu membantu mencegah kanker seperti kanker payudara dan juga meningkatkan metabolisme lipid.

Metabolisme lipid merupakan penurun berat badan Anda atau merupakan keahlian khusus tubuh dalam memangkas lemak menjadi energi. Di samping itu, metabolisme lipid juga mengontrol lemak dalam darah.

3. Serat Tinggi
Kedelai hitam tergolong kacang-kacangan dengan kadar karbohidrat tinggi. Sebagian besar karbohidrat tersebut berasal dari serat.

Serat membantu menurunkan kolesterol, dan membantu mengontrol kadar gula darah.

4. Sopanin
Sopanin merupakan senyawa kimia yang juga membantu dalam menghambat penyerapan lemak

Manfaat Teh Kedelai (Kuromame Tea)

1. Menurunkan Berat Badan
Kandungan Antosianin pada kedelai hitam mampu menyerap lemak pada tubuh. Kedelai hitam juga dikenal sebagai Crown Princes of Beans karena kemampuannya melawan penyakit dan mencegah kanker.

2. Menunda Rasa Lapar
Mengkonsumsi teh kedelai hitam dapat menunda rasa lapar. Kandungan serat pada kedelai hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga Anda akan terasa kenyang dan sedikit makan.

3. Mengontrol Kadar Gula
Rasa teh kedelai hitam yang agak manis dapat menjadi pengganti asupan gula harian Anda. Kuromame Tea mengandung lemak sehat dan karbohidrat rendah, sehingga membantu menjaga tubuh Anda tetap ramping.

4. Mempercepat Pembakaran Lemak
Kadar Isoflavon yang tinggi membantu mempercepat proses pembakaran lemak menjadi energi. Prosesnya yang cepat, memudahkan Anda menurunkan berat badan.

5. Menunda Penuaan
Mengkonsumsi teh kedelai hitam secara rutin dapat membantu membuat Anda tetap awet muda. Kadar polifenol yang terkandung pada black soybean membantu mencegah penuaan.

Baca juga: Turun berat badan dalam 20 hari

Cara Membuat Teh Kedelai Hitam

Anda dapat membuat teh kedelai hitam atau Kuromame Tea dengan mudah, tidak lebih dari 5 menit saja.
  1. Panggang beberapa kedelai hitam dalam panci hingga kulit kedelai mulai terkelupas
  2. Panaskan air pada panci berbeda hingga mendidih
  3. Tuangkan air panas pada gelas atau teko lalu tambahkan sejumlah kedelai hitam
  4. Tunggu hingga 2 - 3 menit
Teh Kedelai Hitam dapat Anda nikmati dalam keadaan hangat atau dingin, sesuai selera. Untuk dapat membantu menurunkan berat badan, cobalah konsumsi teh kedelai hitam 30 menit sebelum makan. Harap tidak ditambah dengan pemanis atau gula karena itu akan mengurangi khasiatnya.

Sumber:
www.japantimes.co.jp/community/2000/07/03/general/its-a-drink-and-a-snack-black-soybeans
www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1082894/
online.liebertpub.com/doi/abs/10.1089/jmf.2006.147
ir.library.oregonstate.edu/xmlui/handle/1957/33070

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »