Tips Memvariasikan Menu Makanan Sehari-hari

kombinasi makanan sehat

Bosan dengan menu makanan sehari-hari yang itu-itu aja? Tandanya kamu butuh mencari ide untuk perencanaan menu makanan yang baru.

Buat yang suka masak, pasti ada kalanya merasa bosan dengan ingredients yang dibeli tiap minggu. Atau buat kamu yang biasa makan di luar rumah, ada waktunya juga merasa bosan dengan pesanan yang sama tiap harinya atau weekly. Tidak masalah dengan hal itu karena memang lumrah, dan kita butuh tantangan baru.

Buat kamu yang ingin terbebas dari rasa bosan dengan menu makanan sehari-hari, kamu dapat memvariasikan makanan dengan berbagai kombinasi resep.  Tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan kelengkapan gizinya.

Tips Memvariasikan Menu Makanan Sehari-hari


1. Buat Perencanaan Menu untuk 10 Hari atau 1 Minggu

Dengan membuat perencanaan menu untuk tiap hari dalam rentang waktu tertentu dapat memberi kita gambaran variasi makanan dalam 10 hari atau 1 minggu ke depan. Proses belanja pun lebih mudah dengan adanya perencanaan menu.

Jangan terlalu pusing dengan pilihan makanan yang akan dimuat diperencanaan menu. Cukup pilih menu yang mudah dikembangkan dari menu tradisional atau kuliner daerah kita. Biar lebih menarik, cobalah memasukkan beberapa menu kesukaan kamu / keluarga.

2. Berkreasi di Dapur

Tidak ada salahnya berkreasi sendiri di dapur sendiri. Toh jika tidak enak, kita sendiri yang makan bukan? #eh.

Berkreasi di dapur dengan bahan makanan yang tersedia dapat mengobati rasa penasaran dan menghilangkan rasa bosan. Tentunya akan ada rasa puas yang luar biasa ketika ternyata masakan kreasi kamu enak dan disukai keluarga. Pada akhirnya kreasi masakanmu akan jadi variasi menu makanan sehari-hari.

3. Cari Inspirasi dari Berbagai Sumber

Saat ini ada banyak sumber yang dapat kamu jadikan sebagai wadah dalam mencari inspirasi / ide untuk menu makanan sehari-hari.


Kamu bisa mendapatkan inspirasi menu dari buku / majalah kuliner. Ada juga website yang menyajikan resep masakan sehari-hari lengkap dengan daftar bahan dan cara memasaknya. Jadi, jangan berdiam diri ya jika bingung mau masakan / makan apa hari ini.

4. Variasi Buah dan Sayur itu Penting
Variasi menu makanan diperlukan agar kebutuhan tubuh akan ragam vitamin dan gizi terpenuhi.


Menurut Dr Sonia Wibisono makanan yang kita konsumsi tiap hari harus berbeda-beda karena kandungan vitamin dan mineral pada setiap makanan berbeda-beda. Dr Sonia juga menyarankan agar kita bisa mengkonsumsi sayur dan buah yang berbeda warna tiap hari. Sehingga vitamin yang dikonsumsi bervariasi (*).

5. Cari Tempat Makan Baru

Nah, buat kamu yang suka makan di luar rumah, ada baiknya mencoba tempat makan baru, tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Jangan takut untuk mencoba menu makanan baru di sana. Kamu bisa ajak temanmu atau minta rekomendasi teman tentang teman makan enak yang belum pernah kamu coba.

Itulah 5 tips untuk mengatasi rasa bosan dengan menu makanan sehari-hari yang itu-itu aja. Saatnya kamu mengambil tindakan untuk membuat perencanaan menu yang menarik sesuai seleramu atau mencoba sesuatu yang baru.

Reference:
(*) http://m.viva.co.id/life/kuliner/778542-pentingnya-variasi-menu-makanan-sehari-hari

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »