Cara Menghilangkan Belly Fat dengan Efektif dan Sehat

Cara menghilangkan Belly Fat dengan Efektif dan Sehat

Ada dua jenis lemak baik yang menguntungkan terdapat di dalam tubuh manusia. Pertama adalah lemak struktural yang mengisi celah antara berbagai organ. Lemak struktural juga melakukan fungsi penting seperti meletakkan ginjal di jaringan elastis yang lembut, melindungi arteri koroner dan menjaga kulit tetap halus dan kencang. Kedua adalah cadangan lemak esensial. Ini adalah cadangan normal bahan bakar yang digunakan saat tubuh dihadapkan pada kekurangan makanan cepat diet seperti diet rendah kalori reguler. Cadangan normal tersebut dilokalisasi di seluruh tubuh. Lemak struktural dan esensial itu normal, dan bahkan jika tubuh menyimpannya ke kapasitas ini, tidak akan pernah disebut obesitas. Ketiga adalah lemak perut  yang abnormal juga merupakan cadangan potensial bahan bakar, namun tidak seperti cadangan normal, tidak tersedia bagi tubuh dalam keadaan darurat nutrisi atau pada sebagian besar program diet. 

Lemak yang ada di perut memang menjengkelkan yang bukan hanya menganggangu penampilan namun juga bisa membahayakan kesehatan. Lemak perut terjadi saat lemak terkumpul secara berlebih di sekitar perut yang cenderung berdampak negatif terhadap kesehatan. Lemak perut adalah lemak paling berbahaya ada yang terletak di atas otot-otot perut karena lebih sulit untuk menyingkirkannya dari pada lemak di bagian tubuh lainnya. Bahkan dalam hal obesitas, perut buncit atau masalah timbunan lemak di perut menjadi topik pembahasan khusus yakni, obesitas abdominal (obesitas sentral). 

Penyebab Lemak Perut

Wanita lebih cenderung mengalami kelebihan lemak perut, terutama saat mengalami perimenopause dan memasuki masa menopause saat siklus haid mereka berakhir. Itu karena saat kadar estrogen turun, lemak tubuh didistribusikan dari pinggul, paha, dan bokong ke perut.
Bagi pria, pengurangan alami pada testosteron seiring bertambahnya usia berarti kelebihan kalori sering disimpan sebagai lemak viseral dan dengan demikian akumulasi lemak perut terjadi.

Untuk tetap menjaga kesehatan, anda perlu menerapkan pola hidup sehat dan juga berusaha untuk mengurangi lemak dalam tubuh terlebih lagi lemak di bagian perut. Untuk menghilangkan lemak di perut memang susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan, tipe timbunan lemak di perut berbeda dengan seperti halnya yang ada pada paha dan anggota tubuh lainnya. Berbagai upaya dilakukan untuk menghilangkannya, seperti mengkonsumsi makanan yang tepat atau berolahraga. 

Penelitian kesehatan menunjukkan pentingnya menghilangkan lemak perut dan perannya dalam risiko infark miokard akut, diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi serta kondisi peradangan lainnya. Jadi lemak perut bukan hanya mengganngu penampilan namun juga beresiko menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya.

Cara Mengurangi Lemak Perut

1. Diet
Aturan paling penting dalam mengurangi lemak perut: Jangan mulai dengan mengurangi asupan lemak karena tidak semua lemak adalah lemak jahat. Bahkan, mengonsumsi lemak tertentu bisa membantu Anda mengurangi lemak perut, seperti alpukat, buah zaitun dan sumber Omega-3 lainnya. Sebuah studi di International Journal of Obesity menemukan bahwa mengonsumsi tiga porsi salmon 5 ons per minggu selama empat minggu sebagai bagian dari diet rendah kalori mengakibatkan penurunan berat badan sekitar 2,2 kilogram daripada mengikuti diet yang tidak termasuk ikan.

Cuka sari apel adalah cara yang bagus untuk memulai metabolisme Anda dan membuat lemak perut bergerak. "Satu teori adalah bahwa asam asetat dalam cuka menghasilkan protein yang membakar lemak," jelas Pamela Peeke, profesor kedokteran di University of Maryland dan penulis Fight Fat After 40.

Dengan stres dan hubungan kortisol, tubuh Anda mulai memproduksi lebih banyak insulin seiring bertambahnya usia, karena otot dan sel lemak Anda tidak meresponsnya dengan benar. Dengan kenaikan insulin terjadi penyimpanan lemak, terutama di sekitar perut Anda. Diet tinggi protein dapat melindungi Anda dari resistensi insulin, sehingga menurunkan lemak perut.

Selalu Sarapan merupakan hal yang tampak sederhana dan dianggap sebagai lawan ketika melakukan diet. Pada kenyataanya, ketika anda melakukan sarapan dengan menu sehat (kaya serat, serta rendah lemak dan gula) maka anda akan sukses menjaga berat badan ideal serta menjaga perut tetap ramping.

Tambahkan produk susu rendah lemak untuk melakukan diet. Greek Yoghurt yang kaya protein, susu krim bahkan keju rendah lemak dapat membuat anda merasa kenyang dan mengurangi kalsotriol, yaitu, suatu hormon yang meningkatkan penyimpanan lemak.

Tidur malam berkualitas yang dianggap sebagai cara yang mudah namun kenyataanya seringkali seseorang sulit menerapkannya terlebih orang dewasa yang menghabiskan waktu demi kepentingan pekerjaan. Tidur malam berkualitas berhubungan dengan produksi hormon melatonin yang berperan membakar lemak termasuk lemak perut.

Banyak pola makan yang bisa anda lakukan namun harus selalu diiringi dengan olahraga dan latihan lainnya.

2. Yoga dan Peregangan
Yoga atau peregangan rutin merupakan hal penting dalam mengurangi stres. Penyebab lemak perut adalah tingkat kortisol tinggi yang merupakan hormon stres. Latihan seperti yoga dan peregangan terutama yang membuat anda rileks akan membantu mengurangi kortisol dan meningkatkan jumlah hormon baik seperti endorfin.

3. Olahraga
Latihan alternatif untuk anda yang berolahraga.

Sisi membentang.
Berdiri tegak, dengan kaki selebar pinggul. Letakkan tangan kanan di pinggul kanan, angkat lengan kiri lurus ke atas, telapak tangan menghadap ke kanan. Menjaga kaki terpusat, bersandar ke kanan dan "mencapai" dengan lengan kiri Anda, peregangan sisi kiri Anda. Ulangi 3-5 kali di setiap sisinya.

Squats.
Berdirilah dengan kaki sekitar 8 inci (20 cm) terpisah. Perluas lengan Anda di depan Anda dan lakukan empat set dengan 15-20 squat.

Papan.
Masuklah ke posisi push-up, tapi istirahatlah di siku dan lengan bawah Anda. Tarik otot perut Anda erat-erat, jaga punggung, leher, dan bawah Anda dalam garis lurus. Tahan posisi ini selama 30 detik atau selama mungkin. Istirahat dan ulangi 3-5 kali.

4. Konsumsi Air Putih
Mengkonsumsi air putih setiap hari sesuai dengan aturan dan kebutuhan tubuh dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga tidak terjadi penimbunan lemak pada bagian tubuh.

Cara Melihat Keberhasilan Mengurangi Lemak Perut

Hitung rasio pinggang-panggul Anda secara teratur. Rasio pinggang-pinggul Anda (lingkar pinggang Anda terbagi oleh keliling pinggul Anda) dapat menjadi indikator yang baik apakah Anda perlu kehilangan lemak perut dan seberapa sukses Anda melakukannya.

Bungkus pita pengukur lembut di bagian pinggang tertipis di tingkat pusar Anda. Perhatikan pengukurannya.

Bungkus pita pengukur di sekitar bagian terluas pinggul Anda, di mana Anda bisa merasakan tonjolan tulang sekitar 1/3 dari ujung pinggul. Perhatikan pengukurannya.

Bagi pengukuran pinggang Anda dengan pengukuran pinggul Anda. Tahu apa yang sehat Wanita harus memiliki rasio 0,8 atau lebih rendah; Pria harus berada di 0,9 atau lebih rendah.

Terakhir, bergabunglah dengan teman saat Anda memetakan kemajuan Anda. Pastikan untuk bekerja sama dengan seseorang yang sama motivasinya dengan Anda. Bergabunglah dengan klub berjalan di daerah Anda dengan orang-orang di sekitar usia dan kemampuan Anda. Bawa keluarga Anda ke kapal. Lakukan apapun yang diperlukan untuk mendapatkan motivasi dan lintasan Anda dengan yang baru.

Sumber:
http://www.lifehack.org/360363/how-lose-belly-fat-effectively-and-healthily
https://manfaat.co/cara-mengecilkan-pinggang-dan-perut.html
http://www.sebelumsesudah.com/hidup-sehat/cara-menghilangkan-lemak-perut-dalam-10-hari
http://segar-bugar.tumblr.com/post/116383096348/cara-menghilangkan-lemak-di-perut
http://id.wikihow.com/Menghilangkan-Lemak-Perut-dalam-2-Minggu
http://www.cantikalamiku.com/cara-mengecilkan-pinggang-dengan-cepat-dan-alami/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »