Resep Diet Atkins

Resep Diet Atkins

Anda pasti tidak asing ketika mendengar tentang diet, salah satunya adalah Diet Atkins. Diet Atkins merupakan program diet yang dikenalkan oleh seorang Dr. Robert C. Atkins dari Amerika Serikat pada tahun 1970an.

Atkins berpendapat bahwa banyak orang menghindari lemak dan memilih rasa kenyang ketika makan namun hal tersebut berakibat pada kegemukan sehingga yang harus dilakukan untuk menghindarinya adalah mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein serta tinggi lemak.

Diet ini menekankan pada pembatasan makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, kentang bahkan mie. Kadang juga makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti beras merah serta juga yang mengandung gula harus dihindari.

Anda dapat melakukan diet hanya dengan mengkonsumsi makanan kaya protein dan lemak serta rendah kerbohidrat sehingga anda tidak perlu merasa lapar atau kekurangan makan.

Diet Atkins menuai pro dan kontra berkenaan dengan tingkat keamanannya karena dianggap sebagai diet yang ekstrem, namun tidak sedikit juga orang yang mencobanya. 

Teori Diet Atkins adalah meningkatkan konsumsi protein dan tidak makan karbohidrat selama 2 minggu pertama. Pola tersebut akan merespon tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber tenaga sehingga mengurangi berat badan. Pola ini dapat memberikan dampak positif kepada orang yang menderita diabetes, penyakit jantung  serta tekanan darah tinggi dan bisa mengurangi masalah gastrousus.

Melakukan diet Atkins akan menurunkan selera makan karena sifat protein yang merupakan makronutrien dapat menimbulkan rasa kenyang. Hal terpenting anda harus perhatikan adalah menetapkan berat badan yang sehat dan berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai Atkins.

Cara Melakukan Diet Atkins


Tahap awal biasa disebut tahap induksi
Yang harus anda lakukan adalah menguatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh mampu untuk menerima pola diet selama 2 minggu paling kurang. Caranya adalah mengkonsumsi air 8-10 gelas perhari, selalu makan 3 kali sehari, mengkonsumsi 20 gram karbohidrat perhari yang berasal dari sayur-sayuran. Anda harus menghindari makan seperti roti, makanan yang dipanggang, gandum, kentang, makanan dan minuman yang mengandung gula. Anda bisa mengkonsumi sayuran seperti asparagus, brokoli, buncis dan salad. 

Tahap kedua atau ongoing Weight Loss
Anda bisa menambahkan asupan karbohidrat namun hanya sedikit, 5 gram perhari dari sayuran tertentu, kacang-kacangan dan biji-bijian sampai mencapai jumlah maksimum asupan karbohidrat atau critical carbohydrate level (ccll) yang dapat dikonsumsi setiap hari. Ini merupakan tahapan terpanjang sehingga anda menemukan berat badan yang diinginkan. 

Tahap ketiga Pre-maintenance
Anda dapat meningkatkan asupan karbohidrat sebesar 10 gram. hal ini harus dilakukan untuk mempertahankan berat badan anda dengan sayuran atau yang mengandung tepung atau menkonsumsi roti namun dalam jumlah yang sedikit. Anda boleh kembali mengkonsumi makan yang anda sukai. Tahap ini anda harus menjadi asupan agar konsumsi karbohidrat anda selalu berada dibawah jumlah maksimum ccll.

Tahap keempat atau lifetime maintenance
Anda dapat menambahkan asupan karbohidrat sampai 90 gram perhari dan mempertahankan berat badan yang anda inginkan. Ini merupakan tahap akhir sehingga diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan catatan tidak boleh lebih dari 90 gram perhari. Anda harus terus mengawasi asupan karbohidrat sehingga tidak melebihi ccll yang telah anda tentukan. Anda dapat mengatur tingkat karbohidrat tergantung dari berat badan dan bagaimana karbohidrat tersebut berubah.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai diet apalagi terkait diet Atkins

Diet ini tidak hanya tentang menjaga pola makan namun juga pentingnya olahraga sebagai tambahan dari pola makan yang benar demi kesehatan jangka panjang.

Saat anda memiliki berat badan yang berlebih dan ingin menurunkannya serta meningkatkan kesehatan maka diet atkisn adalah salah satu jalan terbaiknya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan diet Atkins yang memilih makanan kaya lemak tumbuhan dan protein memperoleh kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang diet kaya lemak hewani dan protein.

Selain memperhatikan berat badan, perhatikan juga ketagihan yang Anda rasakan. Jika Anda merasakan ketagihan karbohidrat yang lebih besar setelah menambahkan makanan tertentu, Anda mungkin harus menyingkirkan makan itu dari diet Anda.

Setelah tahap Pengenalan, penurunan 0,5 sampai 1 kg per minggu adalah target penurunan berat badan yang sehat.

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi atau kondisi kesehatan lain, bicaralah dengan dokter sebelum memulai program Atkins.

Konsumsi dalam diet Atkins juga harus diperhatikan, jangan sampai anda terlalu banyak mengkonsumsi protein yang mengandung lemak jenuh sehingga memberikan beban tambahan kepada kinerja jantung. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »