Empat Mitos di Tempat ini Bikin Bulu Kuduk Merinding!

tempat menyeramkan
Foto: Reservasi.com
“Jangan pakai baju hijau kalau main ke Pantai Selatan, nanti tenggelam. Hijau adalah warna kesukaan Nyi Ratu Kidul”

Kalimat seperti itu mungkin pernah Anda dengarkan dari orang tua atau orang-orang yang telah sepuh. Hingga akhirnya saat berlibur misalkan ke Parangtritis,Anda tidak membawa sama sekali baju hijau apalagi mengenakannya. Tanpa sadar, meskipun Anda tidak tahu informasi yang disampaikan tersebut fakta atau tidak  tapi Anda tetap mengikutinya.

Itulah kuatnya mitos yang selalu menyuguhkan berbagai cerita yang turun temurun mengenai kebudayaan, kebiasaan, ataupun asal usul suatu tempat. Termasuk mitos objek wisata yang berdampak positif kepada animo masyarakat. Dengan adanya mitos, para pelancong malah semakin ingin membuktikannya.

Seperti lima destinasi wisata di bawah ini yang memiliki mitos dan menjadi daya tarik bagi para pengunjungnya.


Jembatan Cinta Pulau Tidung


Ingin cintanya abadi? Mitosnya di Jembatan Cinta Pulau Tidung yang menghubungkan pulau tidung besar dan kecil dianggap dapat mengabadikan cinta. Ada beberapa versi mengenai mitos Jembatan Cinta Pulau Tidung. Sebagian masyarakat percaya jika ada orang yang menyebrang jembatan bersama pasangan, konon cinta mereka akan abadi. Sebagiannya lagi percaya, cinta akan abadi bahkan hingga maut menyambut jika melompat dari tengah jembatan bersama pasangan. Beranikah Anda melompat dari ketinggian empat meter?

Nah, bagaimana menurut Anda, manakah dari dua versi tersebut yang fakta? Terlepas dari mitos atau fakta, Pulau Tidung memang menawarkan pemandangan pesisir laut yang masih alami, dan patut Anda coba.  Untuk dapat menikmati keindahan panorama Pulau Tidung, Anda bisa cari tiket pesawat online menuju Bandara Soekarno- Hatta atau Halim Perdanakusuma,  kemudian ke Muara Angke, perjalanan dilanjutkan dengan kapal fery dengan jarak tempuh dua hingga tiga jam untuk tiba di Pulau Tidung.

Danau Dayang Bunting, Malaysia


Harta atau titipan yang paling berharga bagi orangtua adalah anak. Namun, sebagian orang belum diberikan rezeki untuk mendapakan keturunan. Oleh karenanya berbagai usaha dilakukan untuk mendapatkan momongan termasuk mengunjungi Danau Dayang Bunting di Malaysia.  Danau Dayang Bunting merupakan danau terbesar kedua di Pulau Langkawi.

Konon dari cerita masyarakat sekitar, pengunjung yang mandi di air tawar danau tersebut akan mendapatkan Rahim yang subur. Tak heran, jika di Danau Dayang Sumbi traveler wanita lebih dominan.  Dilihat dari udara, air dari Danau Dayang Sumbi terlihat sangat jernih kehijauan. Jika tak mau mandi atau bermain di air tawar, Anda pun dapat mengelilingi danau menggunakan perahu.

Jabal Rahmah


Bagi umat muslim ada kisah yang dipercayai yakni dipertemukannya pertama kali Nabi Adam Alaihisallam dan Siti Hawa oleh Allah Azza Wa Jalla di bumi. Dan, konon tempat tersebut berada di tepi Padang Arafah yang sekarang dikenal dengan Jabal Rahmah. Untuk mengabadikan kisah itu dibuatlah monumen putih setinggi 8 meter dan lebar 1,8 meter. Dari kisah tersebut banyak orang yang berziarah kemudian percaya dengan mitosnya bahwa berdoa meminta jodoh apalagi menuliskan di nama di monumeni Jabal Rahmah akan segera terkabul do’anya. Para Jemaah haji atau umroh pun rela untuk naik ke bukit setinggi 70 meter dengan bebatuan yang terjal demi membuktikan mitos tersebut.  Sudahkah Anda membuktikannya sendiri?

Tanjakan Cinta Gunung Semeru


Para pendaki gunung atau yang sudah melihat film 5 cm,  pasti sudah mengetahui keindahan Gunung Semeru setiap melewati satu persatu pos. Gunung Semeru yang berada di antara Kabupaten Malang dan Lumajang memberikan pesona alamnya kepada orang yang mampu melewati setiap rintangannya. Jika Anda mulai mendaki, pemandangan dari danau Ranu Pani akan terlihat. Sebelum mencapai puncak Mahameru ada beberapa tempat transit yang populer dengan keindahannya seperti Danau Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, Oro-Oro Ombo, dan Kalimati.

Khusus untuk Tanjakan Cinta, jalanan setapak yang memiliki kemiringan 45 derajat ini menyimpan sebuah tragedi sekaligus mitos, lho! Banyak cerita yang beredar bahwa jika pendaki memikirkan orang yang dicintai, kemudian terus berjalan tanpa henti dan menoleh ke belakang, kisah cintanya akan berakhir bahagia. Mitos ini berkembang karena kejadian sepasang kekasih yang sedang mendaki melewati Tanjakan Cinta dimana sang perempuan tiba-tiba pingsan karena kelelahan lalu terguling hingga tewas.

Terkait benar atau tidaknya mitos- mitos tersebut. Objek-objek wisata di atas memiliki keindahannya tersendiri yang lebih baik kita lihat dan rasakan sendiri dibandingkan kita hanya mempercayai mitosnya. Jika mitos tersebut terbukti, anggap saja itu pemberian dari-Nya tidaklah disangkut pautkan dengan mitos. Tertarik untuk berkunjung ke setiap kota atau negara yang ada di atas? Anda dapat melihat daftar harga tiket pesawat melalui Reservasi.com yang dapat diakses melalui website atau aplikasi.

Dengan melakukan pemesananan melalui Reservasi.com, Anda hanya perlu menentukan lokasi dan waktu keberangkatan, kemudian berbagai maskapai penerbangan dan harga akan langsung muncul terperinci.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »