Tips Memilih Jaket Gunung yang Tepat

jaket gunung yang bagus
Sumber gambar: factorymedia.com
Memilih jaket gunung yang bagus tak sekedar dari penampilannya saja, namun juga harus memperhatikan kenyamanan dan keamanan. Tentunya saat mendaki gunung, jaket gunung jadi salah satu barang yang penting dalam peralatan mendaki gunung.

Jaket gunung akan membantu kamu untuk menembus dinginnya gunung. Jadi pilihlah dengan cemat. Masa kamu bisa mendapatkan promo tiket Citilink untuk menuju destinasi, tapi menemukan jaket gunung yang tepat tidak bisa.

Tips untuk Mendapatkan Jaket Gunung yang Tepat


Ukuran

Sebaiknya kamu tidak memilih jaket yang ukurannya terlalu pas di badan ataupun yang terlalu besar. Kamu bisa memilih jaket yang sedikit lebih besar dari ukuran jaket kamu pada umumnya.
Pasalnya jika jaket yang memiliki ukuran terlalu pas dengan tubuh akan membuat kamu lebih cepat gerah. Hal ini terjadi karena sirkulasi udara di dalam jaket yang berukuran pas biasanya tidak bisa mengikuti hawa panas yang keluar dari tubuh kita.

Bahan

Setiap bahan jaket punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu memilih jaket gunung yang di dalam nya terdapat kain polar, maka akan membuat kamu lebih hangat, namun akan terasa panas jika digunakan saat siang hari.

Tapi misalkan kamu memilih jaket gunung yang menggunakan lapisan dalam berupa furing dan bahan luarnya berupa bahan poliester, maka jaket tersebut tidak akan membuat kamu kepanasan.

Kamu bisa memilih jaket dengan bahan goretex, bahan seperti ini mampu membuat jaket anti air dan kedap udara, namun tetap bisa mengalirkan udara panas di dalam jaket keluar. Jadi, saat kamu membeli jaket gunung sebaiknya tidak membeli jaket dengan bahan polar di bagian dalamnya, karena sangat tidak direkomendasikan dipakai saat musim hujan, karena ketika terkena air hujan, maka akan memakan waktu lama untuk kering.

Beberapa pendaki biasanya membawa dua jaket saat pendakian. Jaket pertama biasanya berbahan polar dimasukkan ke dalam tas carrier dan hanya dipakai saat akan tidur. Jaket kedua, berbahan poliester untuk dipakai ketika berjalan karena memang jaket tersebut tidak membuat diri kamu terperangkap panas, namun tetap bisa melindungi saya dari hujan dan angin gunung.

Waterproof, Windproof dan Breathability

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kata waterproof, windproof dan breathability. Breathability adalah kemampuan sebuah bahan untuk mampu mengalirkan udara panas akibat pernafasan tubuh keluar dari jaket.

Sedangkan waterproof berbanding lurus dengan windproof, artinya semakin tinggi kemampuan suatu bahan jaket dalam menahan air, maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam menahan angin.

Tapi sayangnya kemampuan jaket yang waterproof dan windproof, biasanya akan berbanding terbalik dengan kemampuannya dalam melepaskan udara panas akibat pernafasan tubuh yang terperangkap di dalam jaket. Jadi, sebaiknya perlu pertimbangan memilih jaket dengan kemampuan waterproof, windproof, dan breathability dengan cermat dan bijak.

Hoody

Ketersediaan hoody pada jaket ini penting banget lho. Hoody akan sangat berguna ketika hujan atau panas, tentunya gunanya untuk melindungi kepala kamu dari teriknya sinar matahari dan rintiknya hujan. Saat cuaca berangin juga akan melindungi telinga kamu dari tiupan angin gunung.

Velcro (perekat)

Perekat yang baik adalah perekat yang pada bagian kasarnya tersusun rapi dan rapat. Sebaiknya pada resleting pada bagian depan jaket kamu, pastikan tertutup oleh Velcro atau perekat, sehingga air dan angin tidak mudah masuk ke dalam sela-sela resleting.

Resleting

Pada umumnya resleting jaket gunung biasanya hanya satu buah, namun ada beberapa yang menyematkan dua lapis resleting untuk semakin menambah kekuatan jaket tersebut. Ada baiknya kamu memilih jaket gunung dengan resleting bermerek YKK, kamu bisa melihat di ujung kepala resleting yang bisa terbaca dengan jelas. Merek YKK ini adalah merek terbaik untuk produk resleting, kualitasnya tidak perlu kamu ragukan.

Selain itu pastikan kembali apakah jaket gunung yang ingin kamu beli tersebut memiliki resleting di ketiak (pitt zip) atau tidak, resleting ini berguna untuk ventilasi udara supaya kamu tidak kegerahan.

Warna

Warna gelap memang membuat jaket kamu tidak terlihat mudah kotor, namun warna gelap ini sebenarnya kurang bagus karena mudah menyerap panas sehingga tidak cocok digunakan saat siang hari. Jaket gunung dengan warna gelap juga akan membuat kamu sulit terlihat di alam bebas. Pilihlah warna cerah agar kamu mudah terlihat dan tidak mudah menyerap panas saat siang hari.

Selain itu kamu sebaiknya memilih jaket gunung yang hanya satu warna saja, karena satu warna artinya lebih sedikit jahitan untuk menempelkan warna tersebut. Tentunya dengan jahitan yang jumlah sedikit akan membuat jaket kamu lebih nyaman dipakai saat kondisi hujan maupun berangin.

Fitur Tambahan

Fitur yang sekarang sudah mulai disematkan di jaket gunung adalah beberapa bagian jaket yang memantulkan cahaya saat tersorot oleh cahaya. Selain itu ada juga jaket gunung yang pada bagian pergelangan tangannya terdapat sebuah tempat untuk mengikat sencet atau semacamnya. Serta ada banyak fitur lainnya yang tentunya akan semakin membuat aktivitas kamu di alam bebas semakin nyaman.

***

Untuk kamu yang ingin mencari promo tiket Citilink atau tiket promo lainnya, temukan di Reservasi.com. Tiket promo di Reservasi.com, jaminan harga terbaik lho. Selain bisa mendapatkan promo tiket Citilink atau tiket promo di Reservasi.com, kamu bisa mendapatkan hotel terbaik dengan harga mura.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »