Cara Turun Berat Badan dengan Diet Garam

Cara Turun Berat Badan dengan Diet Garam

Makanan ketika disajikan tanpa menambahkan garam di dalamnya akan terasa hambar. Tidak mengherankan kalau disetiap masakan selalu ditambahkan garam untuk memberikan rasa gurih dan juga meningkatkan selera makan. Namun ada yang harus anda perhatikan dalam mengkonsumsi garam ketika melakukan diet.

Perubahan gaya hidup yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah diet rendah sodium. Diet garam atau rendah sodium merupakan diet yang mudah dan memberikan hasil yang maksimal karenanya masyarakat Indonesia menggemari jenis diet ini.

Program makan ini mudah dan murah untuk diikuti dan meski mungkin perlu sedikit membiasakan diri, manfaat yang Anda menuai lebih dari sekedar berharga.

Apa itu Diet Garam?

Diet garam merupakan diet yang dilakukan dengan mengurangi jumlah sodium atau natrium yang terdapat di dalam makanan yang diolah atau diawetkan. Diet garam membantu mengurangi dan menyeimbangkan jumlah kadar garam yang ada di dalam tubuh.

Salah satu alasan yang paling penting untuk mengurangi sodium adalah untuk jantung Anda. Karena makanan dengan banyak sodium, bisa menaikkan tekanan darah yang merupakan salah satu faktor risiko utama, tidak hanya untuk serangan jantung tapi juga untuk stroke.

Makanan mengandung banyak sodium di saat yang sama, juga mengandung gula dan kalori yang cukup banyak. Pada saat mengkonsumsi makanan asin, anda akan sangat mudah haus, dan akan minum air lebih banyak dari biasanya. Teman-teman garam akan membuat anda gemuk karena penumpukan lemak, dan dengan meminum air dalam jumlah banyak, tubuh akan mengalami retensi air, dan berat badan akan bertambah karena banyak air yang tertimbun.

Namun ketika tubuh mengalami kekurangan garam maka anda akan merasakan kantuk yang berlebih, depresi, mengalami kejang bahkan bisa koma. Konsumsi garam idealnya dalam sehari adalah satu sendok teh. 

Bagaimana melakukan diet garam?

Dalam melakukan diet garam, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut sehingga diet menjadi lebih efektif. Catat asupan natrium anda setiap kali makan. Hal tersebut bertujuan agar konsumsi natrium tidak lebih dari 2.000 m dalam satu hari.

1. Hindari makanan olahan.
Pada makanan olahan, banyak mengandung garam berlebih apalagi yang memiliki cita rasa gurih. Makanan kaleng, botol, plastik atau wadah lainnya yang berupa keripik, makanan ringan atau makanan cepat saji merupakan contoh makanan olahan yang mengandung kadar garam berlebih. Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan-makanan tersebut karena bisa jadi membuat diet anda menjadi gagal.

2. Makan buah dan sayur.
Buah dan sayur banyak mengandung serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Kandungan dalam buah dan sayur akan membantu meningkatkan proses metabolisme dan membakar lemak. Anda bisa mengganti cemilan anda dengan buah dan sayur sehingga lebih sehat. Pilihlah buah serta sayur yang segar dan jika perlu anda mencucinya terlebih dahulu. Hindari konsumsi buah dalam kaleng dan sayur beku karena bisa saja di dalamnya sudah ditambahkan garam.

3. Teliti kandungan garam dalam setiap produk makanan.
Ketika membeli bahan makanan, anda harus memperhatikan kadar garam dari setiap produk. Produk olahan susu misalnya bisa saja mengandung kadar garam yang tinggi karena terasa asin. Sebaiknya anda memilih susu atau makanan olahannya yang rendah lemak. Bahan makanan lainnya juga bisa mengandung garam berlebih dikarenakan adanya  praktek yang tidak fair dari para penjual untuk membuat dagangan mereka laris seperti menambahkan larutan garam pada ayam sehingga terlihat lebih gemuk. Jangan tertipu oleh produk yang mengklaim "sodium rendah" atau "sodium dikurangi" sampai Anda sudah memastikan berapa banyak garam yang dikandungnya.

4. Masak makanan sendiri.
Untuk mengatur kadar garam yang ada dalam makanan anda, sebaiknya anda memasak makanan sendiri sehingga mudah untuk mengontrol garam yang ada dalam makanan tersebut. Ketika mengkonsumsi makanan yang dimasak oleh orang lain maka anda akan mengalami kesulitan untuk mengatur jumlah garam dalam masakan tersebut. Ketika melakukan diet garam, anda harus membiasakan diri untuk memasak makanan sendiri. Ketika anda memasak makanan sendiri sebaiknya anda menggunakan ramuan dan rempah segar atau kering, jus lemon atau limau, minyak zaitun dan bahan sejenis lainnya untuk memastikan makanan Anda tetap enak bahkan dengan sedikit garam.

5. Hindari makan di luar rumah.
Sebaiknya anda selalu menanyakan atau meminta kepada pramusaji untuk tidak menambahkan garam dalam makanan yang anda pesan ketika makan diluar rumah. Hal ini merupakan sesuatu yang wajib anda perhatikan dan anda lakukan. Makanan yang ada di luar rumah memiliki banyak jenis dan kandungan yang berbeda sehingga anda sebaiknya tidak sering makan di luar ketika melakukan diet garam. Usahakan anda membawa bekal ketika melakukan kegiatan di luar rumah dengan makanan yang anda masak sendiri.

Berikut beberapa Manfaat Diet Garam

Menurunkan tekanan darah tinggi, Terhindar dari berbagai penyakit, Meningkatkan kepekaan indera perasa, Menghilangkan begah, Tulang lebih kuat, Menyeimbangkan cairan tubuh, Badan lebih berenergi, Terhindar dari stroke.

Singkatnya, diet rendah garam umumnya mudah diikuti dan sementara itu memerlukan sedikit waktu untuk membaca label dan menghindari makanan olahan, manfaat kesehatan jantung dan kemampuan anda menurunkan berat badan membuat proposisi ini sangat menarik bagi siapa saja yang tertarik untuk menjalani kehidupan sehat dan peduli akan kesehatan.

Untuk melakukan diet tanpa garam ini anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter ahli gizi untuk memastikan konsumsi garam anda tidak kekurangan maupun tidak berlebihan. Biasanya untuk memastikan garam yang masuk ke tubuh kita sesuai porsinya, dokter akan memberikan panduan mengenai susunan menu makanan atau jadwal makan yang tepat.

Ingatlah untuk tidak terlalu berlebihan melakukan diet ini misalnya sampai meniadakan garam sama sekali dalam menu anda, karena tubuh masih membutuhkan kadar garam yang cukup untuk bisa berfungsi normal. Melakukan diet garam berarti melakukan pola makan yang lebih sehat, karena itu anda juga akan bisa menghilangkan beberapa kilogram kelebihan berat badan.

Sumber:
http://www.lifehack.org/468051/crispy-parmasen-tomato-chips
http://www.dietcepatalami.com/menurunkan-berat-badan-dengan-diet-rendah-garam/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/diet-tanpa-garam-efektif/
http://duniadiet.com/tips-diet-tanpa-garam-untuk-menurunkan-berat-badan/
http://dietsehat.co.id/diet-garam
http://caramemutihkan.org/cara-diet-garam-7-hari-seminggu-turunkan-berat-badan-secara-cepat/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »