Resep Diet Dash dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

DapurDiet - Resep Diet Dash dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Diet Dash atau Dietary Approaches to Stop Hypertension diyakini oleh pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. H. Hardiansyah MS, sebagai diet alami yang paling berhasil. Selain itu diet dash juga dipercaya memiliki manfaat bagi Anda yang terkena tekanan darah tinggi, kolesterol, dan bermasalah dengan gula darah.

diet dash

Sebenarnya Diet Dash diperuntukkan bagi mereka yang ingin menurunkan tekanan gula darah, bukan untuk menurunkan berat badan. Namun, lima tahun terakhir ini menurut US News dan Wolrd Report, Diet Dash menjadi pola makan yang terbaik bahkan mengalahkan Diet Mayo dan Diet Mediterania. Seperti apa ya kira-kira resep diet dash tersebut?

DASH pertama kali dikembangkan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute. Tidak ada iming-iming bahwa berat badan akan turun dengan Diet Dash. Namun banyak dari mereka yang sudah mencoba mengalami penurunan berat badan secara perlahan. Fokus Diet Dash tersebut adalah mengkonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak asupan sayuran, buah, lemak sehat, dan biji-bijian dengan mengurangi asupan garam dan gula.

Resep Diet Dash

1. Perhatikan Jumlah Kalori Perhari
Diet Dash menganjurkan untuk mengukur kebutuhan kalori harian kita berdasarkan aktivitas fisik. Bagi Anda wanita dengan usia 30 tahunan butuh 2.000 kalori per hari untuk menjaga berat badan. Sementara itu untuk Anda yang aktif bekerja butuh 2.200 kalori perhari. Saat ini di jaman teknologi yang semakin maju, sudah tersedia banyak aplikasi yang bisa Anda pasang pada gadget Anda untuk menghitung asupan kalori harian Anda.

2. Penuhi Asupan Sesuai Jumlah Kalori Harian
Adapun asuhan yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan kalori harian tersebut adalah dengan menggunakan makanan yang kaya buah, sayuran, susu bebas lemak, biji-bijian atau kacan-kacangan, dan unggas.

Misalnya kebutuhan kalori Anda 2000 kalori per hari berarti bisa mengonsumsi enam sampai delapan porsi biji-bijian, empat sampai lima porsi syauran, dua sampai tiga porsi susu rendah lemak dan sedikit asupan daging tanpa lemak. Jangan lupa kacang-kacangan 3-5 porsi seminggu.

3. Hindari Garam dan Gula
Diet dash mengharuskan Anda untuk mengurangi kadar sodium dan natrium. Hal tersebut berkaitan dengan hypertensi tadi. Diet Dash menetapkan asupan garam per hari hanya 2.300 miligram. Jika Anda tidak mengalami ganguan pada tekanan darah, mengurangi garam pada prinsipnya sama dengan anda melakukan diet mayo. Hal tersebut akan memaksimalkan proses turunkan berat badan Anda.


Gula mengandung kadar kalori tinggi yang kadang Anda lupa untuk mengukurnya. Untuk menghindari kelebihan kalori pada tubuh Anda, sebaiknya hindari minuman atau makanan manis apa lagi pemanis buatan.

4. Olahraga Rutin Tiap Hari
Anda tidak perlu olahraga berat dan berlama-lama. Cukup sediakan 30 menit setiap hari dan lakukan rutin di waktu yang sama. Hal tersebut untuk mencegah penyakit kanker dan jantung. Jika Anda ingin berat badan turun, 60 menit mungkin lebih baik.

Manfaat Diet Dash Bagi Kesehatan

DASH sangat mengkhawatirkan penyakit hypertensi yang tanpa gejala dan sangat mematikan. Tekanan darah tinggi merupakan sakit yang mematikan. Jika kita sangat menyayangi keluarga Anda, mulailah perhatikan pola hidup dan pola makan kita. Banyak orang di luar sana melakukan berbagai cara agar terhindar dari penyakit tersebut.


Diet Dash diyakini mampu menurunkan tekanan dara tinggi menjadi normal. Serta membantu mencegah risiko untuk mengalaminya kembali. Menurut sebuah penelitian tekanan darah akan normal dalam 14 hari paling cepat dengan diet dash. Namun tidak berlaku bagi mereka yang sudah memmiliki kondisi kritis. Diet Dash hanya akan berperan membantu respon tubuh terhadap obat dalam pengobatan hipertensi yang lebih parah.

Diet Dash pada prinsipnya meningkatkan jumlah serat dan mengurangi lemak dan kadar gula dalam darah. Melalui asupan sehat yang sudah ditetapkan, diet dash mampu menekan kolesterol dan kadar gula dalam darah ke ambang normal.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang resep diet dash. Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata diet dash juga cocok untuk kita yang ingin menurunkan berat badan. Selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »