Resep Diet Food Combining

resep diet food combining

Dapur Diet - Resep Diet Food Combining. Cara diet food combining merupakan salah satu opsi diet yang banyak dilakukan oleh orang yang ingin langsing atau turun berat badan. Food combining sederhanya dikenal sebagai sebuah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Sebenarnya ada penjelasan yang lebih dalam tentang food combining. Namun artikel berikut akan membahas secara sederhana tentang food combining.

Food combining merupakan sebuah pola makan yang sudah lama sekali diterapkan. Sasaran dari food combining adalah agar pencernaan dan asimilasi nutrisi dalam tubuh dapat optimal. Food combining memiliki gagasan bahwa makanan harus dibuat sesederhana mungkin agar dapat dicerna dengan baik (efektif) oleh tubuh dengan bantuan berbagai enzim. Proses tersebut dikenal dengan nama enzymatic. Enzymatic merupakan cara alami tubuh kita bekerja untuk menghancurkan makanan dan menyerap nutrisi.

Lalu seperti apa Resep Diet Food Combining dalam penerapannya? Prinsip diet food combining sederhana saja, setiap Anda makan, pastikan menu makanan Anda tidak memiliki porsi karbohidrat yang sama dengan porsi protein. Anda bisa mengkombinasikan karbohidrat dengan sayur atau protein dengan sayuran.

Setiap bahan makanan yang kita konsumsi memerlukan enzim yang berbeda untuk dapat diproses dalam tubuh.  Uniknya bahkan untuk jenis makanan dalam kategori dasar yang sama, seperti gandum dan jelai, tubuh mengeluarkan enzim yang berbeda untuk menghancurkan makanan tersebut agar bisa dicerna. Banyaknya makanan yang berbeda dalam satu kali makan dapat membingungkan tubuh dan tidak mampu menghasilkan semua enzim yang diperlukan secara bersamaan. Hal ini menyebabkan bersarangnya masalah pencernaan, dimulai dengan bersendawa, nyeri ulu hati, gas usus, sakit perut dan pembengkakan. Itulah kenapa dalam mengkonsumsi makanan dengan pola food combining tidak diperbolehkan mencampurkan sumber karbohidrat dan protein dari unsur hewani dengan jumlah yang sama. Hal tersebut dapat memberatkan tubuh ketika proses enzymatic dilakukan.

Food combining dipercaya dapat menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh. Berdasarkan penjelasan proses enzymatic diatas, logikanya ketika makanan secara efektif dicerna oleh tubuh, tentu saja tidak terdapat kelebihan kalori pada tubuh kita. Sehingga dapat disimpulkan kalori yang masuk sama dengan kalori yang keluar. Hal tersebut cocok sekali menjadi bagian dari proses diet. Berikut resep diet food combining yang bisa Anda coba terapkan.

Sarapan (Jam 7)
Minum Air putih dan makan buah-buahan sebagai sarapan Anda. Pastikan buah-buahan yang Anda konsumsi benar-benar matang dan tidak mengandung zat asam. Namun jika lambung Anda tidak bermasalah dengan zat asam, Anda dapat mengkonsumsinya.

Snack Pagi (Jam 10)
Menjelang siang Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang atau kacangan-kacangan dan sayuran.

Makan siang (Jam 12)
Ingat prinsip kembali prinsipnya, karbohidrat plus sayur atau protein plus sayur. Menu yang Anda sajikan bisa bervariasi, seperti daging dengan salad atau nasi dengan sayur. Food Combining tidak menganjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat dengan sumber nabati hewani karena seperti sudah dijelaskan sebelumnya, hal tersebut dapat memperberat sistem pencernaan.

Snack sore (Jam 4)
Sore hari bisa Anda isi dengan mengkonsumsi lagi sayuran dan buah-buahan dengan varian yang berbeda.

Makan malam (Jam 6-7)
Makan malam Anda sebaiknya tidak lebih dari jam 7 malam. Untuk menu makan malamnya Anda bisa menyiapkan menu food combining seperti ikan plus lalapan, atau dada ayam plus salad, atau bisa juga sup ayam plus tahu tempe.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Resep Diet Food Combining yang bisa Anda coba terapkan sebagai salah satu opsi diet Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »