Resep Mengelola Berat Badan Part 2 - Kalori Tubuh

resep mengelola berat badan part 2

Dapur Diet - Diet Itu Mudah. Pada artikel sebelumnya Dapur Diet sudah membahas tentang Resep Mengelola Berat Badan Part 1 tentang Mengenali Makanan dan Minuman Yang Kita Konsumsi. Kali ini Dapur Diet akan membahas artikel tentang Resep Mengelola Berat Badan Part 2, yaitu pentingnya menjaga asupan kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Sebelumnya kita sudah mengenal makanan dan minuman seperti apa yang kita konsumsi. Berdasarkan artikel bagian pertama, kita sudah mengidentifikasi makanan dan minuman apa saja yang kita konsumsi serta aktivitas apa saja yang kita lakukan setiap harinya. Berdasarkan hasil catatan tersebut kita dapat melihat kadar kalori yang masuk dalam tubuh kita dan kadar kalori yang dibakar oleh tubuh.

Konsumsi Jumlah Kalori Yang Tepat

Setiap orang memiliki batas kalori masing-masing dan berbeda untuk setiap orang. Namun untuk tinggi badan dan rata-rata usia, kita dapat memberikan standar normal kalori seseorang pada usia tertentu. Konsumsi kalori yang melebihi limit akan berdampak pada kenaikan berat badan atau ancaman penyakit lainnya seperti diabetes dan kolesterol.

Menjaga jumlah asupan kalori per hari sesuai dengan batasan personal, dapat membantu kita mengelola berat badan. Cara mencapai berat tubuh yang sehat adalah dengan prinsip keseimbangan kalori masuk dengan kalori keluar. Energi masuk merupakan kalori yang berasal dari jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Energi keluar merupakan kalori untuk fungsi dasar tubuh dan aktivitas fisik.

Ada 3 jenis tindakan keseimbangan terkait energi masuk dan energi keluar.
  1. Maintaining Weight
    Berat badan Anda akan tetap sama ketika jumlah kalori yang Anda konsumsi sebanding dengan jumlah kalori yang Anda bakar
  2. Losing Weight
    Berat badan Anda akan turun jika jumlah kalori yang Anda konsumsi lebih sedikit dari jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh
  3. Gaining Weight
    Berat badan Anda akan naik ketika jumlah kalori yang masuk lebih besar dari pada jumlah kalori yang keluar

Normalnya jumlah kalori yang dibutuhkan oleh manusia rata-rata antara 2000 kalori. Pada wanita normal jumlah kalori yang ia butuhkan biasanya 25 kalori per kilogram berat badan. Jika berat badan 50 kilo, maka normal kalorinya sekitar 1.250 kalori. Ditambah dengan kebutuhan aktivitas sebesar 10 hingga 30 persennya. Bagi wanita yang memiliki aktivitas gerak tinggi setidaknya membutuhkan 1.500 kalori. Itulah gambaran limit kalori bagi wanita.

Berikut beberapa step ringan menjaga agar konsumsi kalori sesuai dengan batas limit tubuh. Step berikut sangat cocok bagi Anda yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal.
  1. Kenali jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap harinya.
  2. Pilih jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda
  3. Jaga jadwal makan Anda agar tepat pada waktunya
Demikianlah artikel singkat tentang menjaga asupan kalori yang tepat bagi tubuh dalam hal mengelola berat badan. Nantikan artikel berikutnya tentang pentingnya fokus pada makanan yang kita butuhkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »