Resep Mengelola Berat Badan - Kenali Makanan dan Minuman Anda

kenali makanan dan minuman Anda

Dapur Diet - Diet Itu Mudah. Dapur Diet menyajikan pada Anda bahwa diet itu mudah dilakukan melalui berbagai Resep Diet dan Artikel Diet. Artikel kali ini membahas bagaimana Anda mengelola berat badan agar tetap pada garis normal, yaitu dengan mengenali makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari.

Resep Mengelola Berat Badan Part 1
Kenali Apa Yang Anda Makan dan Minum Setiap Hari

Dalam hal membantu Anda mencapai penampilan menarik (langsing) dan sehat, mencapai berat badan yang sehat merupakan bagian terpenting dari kesehatan secara umum pada manusia. Berat badan yang tidak sehat atau obesitas dapat memberikan resiko bagi kesehatan dan memicu berbagai penyakit seperti diabetes, serangan jantung, dan beberapa jenis kanker.

Untuk dapat menjaga tubuh tetap ideal dengan berat badan yang normal ada beberapa step yang harus Anda perhatikan.
  1. Pertama, kenali makanan dan minuman apa yang Anda konsumsi. Ini merupakan kunci Anda mengelola berat badan.
  2. Selanjutnya, tentukan perencanaan menu harian Anda. Ini membantu Anda memilih makanan yang akan Anda konsumsi.
  3. Terakhir, pilihlah makanan dan minuman yang tepat.
Kita semua tahu bahwa setiap orang berbeda. Setiap orang memiliki pola makannya masing-masing. Namun demikian, untuk dapat menjaga berat badan Anda agar tetap ideal tips dan artikel kali ini memaparkan pada Anda pentingnya memilih makanan dan minuman untuk dikonsumsi. Bijak sekali jika Anda dapat membandingkan apa yang Anda konsumsi saat ini dengan apa yang seharusnya Anda konsumsi. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap berat badan Anda selamanya.

Tahukah Anda bahwa makanan sumber kelebihan kalori terbesar yaitu pada cake dan cookies (makanan ringan yang Anda konsumsi sebagai cemilan). Sementara itu minuman yang menjadi sumber kelebihan kalori pada tubuh ada pada minuman manis dan bersoda. Satu donat yang kita konsumsi memiliki kalori setara dengan satu kali makan berat Anda. Jika dalam satu hari Anda makan berat 3 kali lalu malam hari cemilan Anda adalah berupa donat atau cake, bisa dipastikan Anda memiliki kelebihan kalori yang nanti akan berpengaruh terhadap berat badan Anda.

Mengenali apa yang kita makan dan minum setiap hari akan membantu kita melihat dimana kita bisa mengambil keputusan yang tepat nantinya. Jika kita ingin melakukan perubahan untuk memperbaiki pola makan dan berat badan kita, langkah pertama adalah dengan mengidentifikasi apa yang kita lakukan saat ini. Termasuk beberapa hal berikut:
  1. Apa dan seberapa banyak makanan dan minuman yang Anda konsumsi
  2. Seberapa aktif tubuh kita sehari-hari
  3. Berapa berat badan Anda
Orang yang berhasil menurunkan berat badannya dan mampu menjaganya tetap ideal melakukan hal tersebut secara konsisten. Melacak aktivitas dan berat badan Anda dapat membantu Anda mencapai goal berat badan Anda.

Ayo Identifikasi Makanan dan Minuman Yang Kita Konsumsi

1. Tulis APA dan BERAPA BANYAK kita makan dan minum setiap hari.

Temukan cara yang pas buat diri kita masing-masing dalam mengetahui hal ini. Kita bisa menulis log apa yang kita konsumsi setiap hari pada kalender di rumah. Bisa juga dengan menggunakan smartphone kita pasti selalu kita bawa kemana pun. Tulis apa yang kita makan hari ini dan seberapa banyak. Termasuk makanan dan minuman seperti minuman kaleng, kopi, teh, susu, snack dan cemilan lainnya, saus sambal, dan roti. Semua diperhitungkan.

2. Tulis AKTIVITAS apa yang Anda lakukan setiap hari.

Catat semua aktivitas yang Anda lakukan setiap hari berikut berapa lama aktivitas tersebut Anda lakukan. Termasuk jika aktivitas tersebut hanya 10 menit saja seperti berjalan ke tempat parkir. Hal tersebut termasuk pembakaran kalori meski dalam jumlah sedikit.

3. KONSISTEN.

Setelah Anda mengidentifikasi apa yang Anda lakukan sekarang, terus lakukan! Lacak apa dan berapa banyak Anda makan dan minum, berapa berat badan Anda, dan apa saja aktivitas fisik yang sudah  Anda lakukan. Terus lakukan dan hal tersebut dapat membantu Anda mengelola berat badan Anda dalam jangka panjang.

Prihatin tentang cara mengidentifikasi apa yang Anda makan dan minum? Berikut adalah beberapa ide untuk membantu Anda mengatasi hambatan tersebut.

1. Anda Tertarik Menggunakan Alat Online Tapi Tidak Memiliki Akses Internet Setiap Hari.

Jika Anda tidak memiliki akses rutin ke komputer, Anda dapat mulai dengan hanya menuliskan apa, kapan, dan berapa banyak Anda makan dalam sebuah jurnal. Hanya menuliskan apa yang Anda makan dan minum membantu Anda menjadi lebih sadar. Ketika Anda dapat mengakses komputer, Anda dapat memasukkan beberapa hari asupan ke dalam Alat Online yang Anda pilih sekaligus.

2. Butuh Waktu Luang Untuk Melacaknya

Faktanya yang penting adalah Anda mampu melakukan identifikasi. Temukan cara yang sesuai , yang bekerja untuk Anda dapat melacak - apakah itu menulis apa dan berapa banyak Anda makan dan minum di sebuah jurnal, agenda harian Anda, atau kalender. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan smartphone Anda sebagai pelacak. Sekarang sudah tersedia banyak aplikasi yang bisa mengontrol kalori harian kita.

3. Sering Lupa Dengan Apa Yang Dikonsumsi

Agar proses identifikasi Anda berjalan, hal tersebut penting untuk dilakukan. Anda bisa membawa secarik kertas atau buku kecil yang bisa langsung merekap ketika Anda sedang makan siang atau makan sore. Bijak sekali jika smartphone Anda bisa membantu hal tersebut. Mencatat apa yang Anda makan sesegera mungkin dapat membantu identifikasi tersebut berjalan akurat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »