Resep Diet Madu

diet madu

Dapur Diet - Resep Diet Madu. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan ternyata madu juga dapat berperan melancarkan diet Anda. Resep diet madu sebenarnya sudah pernah diperkenalkan oleh Mike Mclnnes dalam sebuah bukunya yang berjudul The Honey Diet.

Ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi satu sendok madu sebelum tidur dapat menurunkan berat badan. Terdengar sangat indah tapi faktanya memang demikian. Menurut seorang ahli gizi Rainia Batayneh MPH resep diet madu hanya sebuah metode yang bisa diikuti sebagai salah satu cara Anda mengelola berat badan atau menurunkan berat badan.

Selain mengandung antioksidan madu juga berperan sebagai pemicu glukosa pada hati. Glukosa yang dihasilkan oleh hati berfungsi untuk menjaga kadar gula dalam otak. Kadar glukosa yang stabil pada otak dapat memaksa otak mengeluarkan hormon pembakar lemak dengan stabil.

Mike dalam bukunya The Honey Diet juga menyatakan bahwa seorang atlet yang mengkonsumsi makanan kaya akan fruktosa seperti madu mampu membakar lebih banyak lemak. Madu juga bermanfaat sebagai penjaga sekaligus meningkatkan stamina tubuh.

Lalu seperti apa resep diet madu yang dapat membantu Anda mengelola berat badan Anda?

Resep diet madu cukup sederhana saja, Anda cukup mengganti asupan gula harian Anda dengan madu. Cara mengkonsumsinya sangat mudah. Tuangkan 3 sendok madu ke dalam air hangat. Lebih nikmat lagi jika Anda menambahkan sedikit lemon. Minumlah secara rutin setiap malam sebelum Anda tidur. Sangat disarankan sekali untuk Anda melakukan olahraga di pagi hari secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu untuk melihat hasil yang signifikan dari program diet Anda.

Mike Mclnnes berpandangan bahwa orang melakukan diet dikarenakan kelebihan mengkonsumsi gula dan makanan olahan. Mike menyatakan bahwa ketika kita mengkonsumsi madu sebelum tidur secara rutin setiap hari, otak kita akan memaksa kita untuk menahan keinginan mengkonsumsi makanan manis. Hal tersebut dikarenakan saat tertidur, tubuh kita membakar lemak lebih banyak. Meskipun demikian, ada beberapa hal juga yang sebaiknya kita perhatikan.

Ganti Gula Anda dengan Madu
Hasil yang optimal akan Anda dapatkan ketika Anda dapat mengganti semua asupan gula Anda dengan madu. Hal tersebut juga berarti bahwa Anda harus menghentikan mengkonsumsi makanan pemanis buatan. Contoh sederhananya mencampurkan madu ke dalam teh, kopi, dan sereal. Pastikan juga makanan yang Anda masak juga tidak mengandung gula.

Stop Junk Food
Berhentilah mengkonsumsi makanan junk food jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan. Makanan junk food merupakan makanan hasil olahan yang tidak mengandung kalori dan gizi lengkap bagi tubuh.

Konsumsilah Protein Di Setiap Makan Anda
Protein dapat mencegah naiknya kadar gula darah. Asupan protein di setiap kali Anda makan dapat membantu melancarkan diet Anda. Protein dapat memberikan rasa kenyang sehingga membantu Anda menahan keinginan untuk makan.

Pilih Karbohidrat Bukan Olahan
Karbohidrat olahan yang biasa kita konsumsi diantaranya pasta, mie, dan nasi putih. Asupan tersebut dapat melonjakkan kadar gula dalam darah. Bijak sekali jika selama program diet Anda mengkonsumsi karbohidrat bukan olahan seperti tepung gandum. Selain baik untuk pencernaan ia juga dapat membuat Anda merasa kenyang untuk waktu lama.

Hati-hati Mengkonsumsi Buah
Buah-buahan memang menjadi pilihan baik selama Anda diet. Namun Anda harus ingat bahwa buah-buahan juga mengandung kadar gula yang tinggi. Sangat disarankan untuk memilih buah-buahan dengan kadar rendah kalori agar diet madu Anda berjalan lancar.

Hindari Mengkonsumsi Kentang
Kentang dapat menyebabkan kadar insulin pada tubuh meningkat. Hal tersebut berpengaruh pada diet madu Anda. Oleh karena itu selama melakukan diet madu hindarilah mengkonsumsi semua jenis makanan yang terbuat dari bahan kentang.

Demikianlah penjelasan tentang Resep diet madu yang disadur dari berbagai sumber. Diet madu dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menjaga berat badan atau mendapatkan tubuh ideal Anda. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »