Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal di Tahun Baru

tips menjaga berat badan saat liburan

Tips menjaga berat badan tetap ideal di akhir tahun - Akhir tahun selalu diwarnai dengan liburan, pesta, dan bepergian jauh. Disamping liburan natal dan tahun baru, biasanya orang juga menghabiskan jatah cuti tahunan mereka. Tidak heran jika banyak orang kota yang melakukan perjalanan jauh atau berliburan ke luar kota.

Kebiasaan saat berliburan atau pesta seperti konsumsi makanan tidak terkontrol, istirahat tidak teratur, dan merokok sering kali menjadi faktor pendukung naiknya berat badan dan timbulnya masalah kesehatan. Biasanya orang lagi diet sering lupa dengan dietnya kalau lagi pesta bersama teman-teman. Suguhan makanan enak menjadi faktor utama goyahnya prinsip diet seseorang. Sedikit berbeda ketika liburan atau bepergian jauh ke luar kota. Stok cemilan menjadi teman baik di perjalanan. Walhasil, setelah pesta atau liburan berat badan bisa naik 1-3 kilo.

Lalu bagaimana mensiasatinya agar berat badan tetap ideal saat liburan atau pesta apa lagi di akhir tahun ini? Berikut beberapa tips menjaga berat badan tetap ideal di akhir tahun dari Dapur Diet.

Sarapanlah dengan buah

Buah dapat menjadi teman terbaik Anda di pagi hari. Buah membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kadar mineral dalam tubuh dengan vitaminnya yang kaya. Konsumsilah buah sebagai sarapan Anda. Bagi Anda yang sedang dalam program diet, sarapan dengan buah menjadi mandatori sebagai penyeimbang asupan gizi dalam tubuh mengingat kebiasaan saat berliburan atau pesta tadi.

Banyak konsumsi air putih

Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari sangat penting. Tidak peduli saat ini Anda sedang berliburan di tempat yang suhunya dingin seperti di puncak atau di gunung. Air putih dapat membantu Anda mendetok tubuh secara alami.

Selalu bawa air lemon



Sangat bagus sekali jika Anda dapat membawa air lemon di perjalanan Anda ketika liburan. Air lemon sangat membantu Anda mengeluarkan zat racun dari tubuh. Bagi Anda yang sedang dalam program diet, konsumsi air lemon sangat dianjurkan. Apalagi Anda tidak repot membawanya saat perjalanan jauh. Tinggal sediakan satu botol air kemasan dan cutter untuk pemotong.

Hindari cemilan berlebih di kendaraan



Apalagi yang Anda lakukan saat berkendaraan jauh selain menikmati cemilan. Kebiasaan ngemil tersebut dapat Anda siasati dengan melakukan hal lainnya seperti ngobrol dengan teman atau tidur.

Buat aktivitas yang membakar keringat di pagi hari



Saat liburan, dapat dipastikan Anda akan malas sekali bangun pagi apa lagi berolahraga di pagi hari. Selain capek karena malamnya pesta atau ada acara dengan teman / keluarga, tidak adanya aktivitas menarik juga menjadi faktor Anda malas bangkit dari tempat tidur. Cara mensiasatinya dapat dengan melakukan kegiatan bersama teman-teman Anda seperti games kecil-kecilan atau menelusuri pantai jika Anda berliburan ke pantai. Buatlah sesuatu kegiatan menarik dengan teman dan keluarga Anda yang tidak terkesan sebagai olahraga pagi.

Hindari konsumsi makanan cepat saji



Ini mungkin sulit. Namun, jika Anda tetap ingin berat badan Anda ideal usahakan makanan yang Anda konsumsi saat liburan atau pesta bukan makanan cepat saji. Sekarang ada banyak pilihan kuliner yang alami sebagai pelengkap pesta Anda. Ikan atau cumi bakar misalnya jika Anda sedang berliburan di pantai. Makanan cepat saji mengandung toksin yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan lainnya. Toksin yang menumpuk dapat memicu masalah berat badan.

Jaga kesehatan Anda dengan tidak merokok dan minum alkohol



Yang terpenting saat berliburan adalah kesehatan Anda tetap terjaga sekembali dari liburan tersebut. Banyak orang yang habis liburan ke sana-sini tepar sekembalinya. Hal tersebut tidak bagus untuk profesionalitas Anda. Sangat disarankan untuk Anda sudah balik ke rumah sehari sebelum masa liburan Anda habis agar Anda dapat beristirahat dengan tenang dan cukup serta badan Anda fit untuk bekerja esok harinya.

Demikianlah beberapa tips menjaga berat badan tetap ideal di akhir tahun. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang dalam program diet. Selamat berlibur dan selamat tahun baru. :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »